29 C
Medan
Saturday, July 2, 2022
spot_img

4 Cara Mudah Agar Koneksi Internet Gak Lemot

MISTAR.ID-Penggunaan smartphone saat ini memang ditentukan oleh koneksi internet dan jaringan sinyal yang baik. Namun selama masa work from home di Indonesia, data trafik layanan internet menjadi menumpuk.

Akhirnya daya tampung operator seluler pun menjadi penuh dan malah menurunkan kualitas dari kecepatan internet. Hal ini juga sempat disinggung oleh Menkominfo RI, Johnny G. Plate dan menghimbau agar para penyedia jasa layanan seluler bisa meningkatkan kemampuannya lagi di masa work from home seperti sekarang.

Tapi nampaknya hal itu masih belum bekerja secara maksimal dan kita sebagai pengguna harus pintar menyiasatinya. Maka dari itu, Nextren akan memberikan tips yang bisa kamu gunakan agar kualitas internet di smartphone kamu bisa lebih cepat.

Penasaran? simak yuk langkah-langkahnya berikut ini.

1. Blokir dan Hapus Iklan

Mungkin sebagian dari kamu agak bingung kenapa iklan di smartphone menjadi salah satu yang harus disingkirkan.

Ya, dengan adanya iklan di layanan ponsel kamu, itu akan membuat pengeluaran data kamu lebih banyak dalam satu halaman.

Baca Juga:Rekor Tercepat Di Dunia, Data Internet Dengan Kecepatan 44.2 TB

Kamu pasti kerap menemukan iklan saat mengakses situs pencarian seperti UC Browser kan? Nah, itu lah yang harus kalian blokir dan hapus agar tidak membuat layanan data semakin berat.

Caranya juga cukup mudah, kalian hanya tinggal mengunjungi pengaturan lalu pilih menu AdBlock. Sedangkan untuk situs pencarian yang tidak memiliki fitur tersebut, kamu juga bisa menggunakan aplikasi AdsWay di Google Play Store.

2. Gunakan Aplikasi atau Mode Lite

Metode kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi atau mode ringan (Lite).

Ya, sebenarnya Nextren juga sempat menyinggung penggunaan mode Lite beberapa waktu. Dengan menggunakan metode ini, kamu bisa menghemat dua sisi pada ponsel kamu yaitu kuota dan beban jaringan.

Baca Juga:Hidup Tanpa Internet, Siswa Borneo Belajar dari Radio Selama Pandemi Covid-19

Jadi, metode ini baik digunakan untuk kamu yang ingin merasakan internet yang lebih cepat dari biasanya. Sebagai buktinya, pengaktifan mode Lite pada Google Chrome diklaim bisa menghemat biaya pengeluaran data sebesar 60 persen dan tentunya akan lebih cepat.

3. Bersihkan Cache

Mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahui apa itu Cache. Cache merupakan salah satu program mekanisme yang ada pada layanan untuk mempercepat layanan.

Tapi jika kamu menumpuk Cache pada smartphone, tentu saja malah akan membuat kualitas internet jadi lemot. Maka dari itu kamu disarankan untuk lebih sering membersihkan Cache melalui menu pengelolaan aplikasi di pengaturan ponsel.

4. Gunakan VPN

Selanjutnya adalah dengan cara menggunakan VPN pada smartphone. Lemahnya jaringan kerap kali terjadi karena memang sedang ada gangguan di suatu daerah.

Maka dari itu, menggunakan VPN bisa menjadi salah satu solusi untuk mengembalikan koneksi jaringan yang lebih cepat. Kamu bisa mendownload beberapa aplikasi VPN yang tersedia gratis di Google Play Store.

Baca Juga:Tips Agar Anak Tak Berlebihan Gunakan Internet Saat PSBB

Namun, Nextren menyarankan agar kamu berpikir terlebih dahulu jika ingin menggunakan layanan VPN di smartphone.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat jaringan di ponsel Android kamu lebih baik. Semoga informasi ini bisa membantu Sobat Nextren merasakan kualitas internet yang gak lemot lagi.(grid.id/hm01)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: