28.9 C
Medan
Saturday, December 4, 2021
spot_img

Masak Cumi Asin Agar Tidak Alot dan Enak Rasanya

Jakarta, MISTAR.ID

Selain beragam jenis ikan asin, cumi asin termasuk yang paling banyak digemari. Seperti ikan asin, cumi asin tergolong salah satu olahan seafood yang bertujuan untuk mengawetkan. Pemakaian garam untuk menghambat proses pembusukan.

Cumi asin menjadi lauk populer karena rasanya gurih enak. Agar mendapatkan cumi yang empuk dan gurih, perhatikan cara memasak cumi asin ini.

Karena merupakan produk olahan yang tinggi garam, mengolah cumi asin sama dengan ikan asin perlu trik agar cumi kembali segar dengan rasa asin atau gurih yang tidak berlebihan.

Baca Juga:Jelajah Kuliner Ayam Jamur Sambal Pecak di Kisaran

Cumi asin enak diolah dengan berbagai bumbu. Yang paling populer dibuat sambal, cabai ijo dan cabai rawit atau kecombrang. Rasa pedas menyengat membuat rasa cumi lebih gurih enak. Sebelum mengolah cumi asin, perhatikan cara memasak cumi asin berikut ini agar jadi sajian cumi yang lezat.

1. Jenis Cumi Asin
Cumi asin yang dijual di pasaran ada beberapa jenis. yang pertama cumi sero yang pipih panjang. Panjangnya sekitar 8-10 cm. Warnanya keunguan dengan lapisan garam yang tipis.

Yang kedua cumi kecil atau baby cumi. Ada baby cumi yang biasa dengan panjang 2-3 cm. Baby cumi biasanya berikut kepalanya. Ada juga baby cumi bertelur dengan panjang 1-2 cm, badannya buncit menggelembung dan agak keras.

Pemilihan jenis cumi asin bisa sesuai selera atau disesuaikan dengan jenis masakan cumi yang akan dibuat. Jenis baby cumi terutama yang kecil dan bertelur, paling cocok dibuat sambal. Sementara cumi sero bisa ditumis dengan cabe atau bumbu lainnya.

2. Memilih Cumi Asin
Cumi asin yang dijual biasanya dilapisi butiran halus garam yang dipakai untuk mengawetkan. Ada yang tipis dengan cumi yang masih lunak saat ditekan sebagai tanda masih baru diasin. Ada juga yang berlapis garam tebal hingga cumi jadi keras dan kaku. Cumi ini sudah lama disimpan.

Baca Juga:Kuliner Favorit Bung Karno, Dari Pisang Rebus dan Durian hingga Sayur Lodeh

Saat membeli pilihlah cumi asin yang aromanya segar, masih lunak dan lapisan garamnya tipis. Aromanya khas cumi bukan bau anyir atau busuk. Karena itu tahap yang penting dalam cara memasak cumi adalah proses perebusannya.

3. Cara Merebus Cumi Asin
Cumi asin bisa direndam dalam air panas atau mendidih dan didiamkan hingga air dingin lalu dibilas air bersih. Tetapi cara ini tidak bisa menghilangkan lapisan garam di dalam badan cumi. Karena itu sebaiknya cumi asin direbus sebelum dimasak. Didihkan air secukupnya dalam panci lalu masukkan cumi asin dan masak hingga mendidih. Angkat cumi dan buang air perebusnya. Ganti dengan air bersih dan didihkan serta rebus kembali cumi.

Proses ini untuk mengurangi kandungan garam cumi asin. Selanjutnya rebus cumi hingga benar-benar lunak. Angkat cumi, tiriskan dan dinginkan. Setelah itu cabuti atau bersihkan tulang lunak cumi. Jika berukuran besar bisa dipotong-potong sesuai selera.

4. Paduan Bumbu
Untuk cumi asin yang paling cocok dipadukan dengan bumbu yang pedas berempah. Seperti bumbu cabe hijau atau cabe rawit merah. Siapkan bumbunya, tumis atau masak hingga matang dan harum lalu masukkan cumi. Jika perlu bisa ditambahkan sedikit air dan masak hingga bumbu meresap dan mendidih. Tambahkan air jeruk nipis atau jeruk limau untuk membuat rasa cumi lebih segar. (detik/hm12)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: