30 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Jenis Keju yang Sehat untuk Dikonsumsi

Jakarta, MISTAR.ID

Keju. Hampir semua orang mengenal makanan yang satu ini. Bahkan, makan keju bisa menjadi bagian dari diet sehat khususnya buat anak-anak. Namun, ada beberapa keju yang sehat untuk dikonsumsi.

Tetapi beberapa keju, bisa mengandung natrium dan pengawet yang tinggi. Ditambah lagi, keju mengandung sangat sedikit nutrisi bermanfaat seperti protein.

Namun, ada banyak keju yang lebih sehat di luar sana yang dapat memenuhi asupan vitamin dan mineral penting untuk diet yang seimbang dan sama lezatnya. Berikut adalah jenis-jenis keju yang lebih sehat:

Baca Juga:Kuliner Favorit Bung Karno, Dari Pisang Rebus dan Durian hingga Sayur Lodeh

1. Feta cheese

“Feta cheese secara tradisional dibuat dari susu kambing atau domba,” kata Liz Weinandy, MPH, RDN dari The Ohio State University Wexner Medical Center.

Ini bermanfaat bagi orang yang intoleransi laktosa karena feta kekurangan kasein, protein utama dalam susu sapi yang tidak mudah dicerna oleh penderita intoleransi laktosa. Selain itu, keju feta kaya akan mineral fosfor yang bagus untuk kesehatan, tulang dan gigi yang kuat.

2. Goat cheese

“Goat cheese adalah jenis keju lembut dengan rasa ringan dan netral yang dapat dipadukan dengan baik dengan makanan manis atau gurih,” kata Kathy Siegel, MS, RDN, seorang konsultan nutrisi. Selain itu, dia mengatakan susu kambing memiliki lebih sedikit laktosa daripada susu sapi, jadi lebih aman dikonsumsi oleh orang-orang dengan intoleransi laktosa.

Baca Juga:Ikan Sapek Panggang, Kuliner Nikmat dari Dangau Pasawangan Agam

3. Ricotta cheese

Ricotta cheese terbuat dari protein whey, yang mengandung asam amino yang bermanfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan otot. “Ricotta diproduksi dengan memanaskan susu sampai dadih dan whey terpisah, dan kemudian memanaskan kembali whey untuk membuat keju yang lembut dan berbutir,” kata Siegel.

4. Swiss cheese

“Dibandingkan dengan keju lainnya, Swiss cheese secara alami lebih rendah sodium,” kata Siegel. Itulah mengapa keju ini menjadi pilihan yang baik untuk orang dengan hipertensi atau berisiko penyakit jantung. Menurut FDA, orang dewasa harus membatasi asupan natrium mereka hingga kurang dari 2.300 mg per hari.

5. Cheddar cheese

“Cheddar biasanya menua secara alami,” kata Siegel. Ini bermanfaat bagi mereka yang sensitif terhadap laktosa karena semakin lama usia keju, semakin banyak sisa laktosa yang terurai. Plus, jenis keju ini tinggi kalsium. Dan kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang. (medcm/hm12)

 

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: