30.6 C
Medan
Monday, May 23, 2022
spot_img

4 Cara Simpan Lapis Legit, Bisa Tahan Hingga 2 Bulan

Jakarta, MISTAR.ID

Lapis legit banyak dijual dengan ukuran per loyang medium. Jika tak habis, kamu masih bisa menyimpannya kembali. Ada empat cara menyimpan lapis legit yang bisa kamu ikuti.

Setiap cara tersebut menentukan masa simpan bolu manis ini. Setidaknya, lapis legit bisa tahan mulai tiga hari, seminggu, bahkan dua bulan jika disimpan dengan cara yang tepat.

Ikuti empat cara menyimpan lapis legit, sesuai saran dari Executive Pastry Chef Le Meridien Hotel Jakarta Yuri Komalasari berikut ini.

Baca Juga:Gingerbread Cookies, Kue Kering Khas Natal

  1. Masukkan ke dalam wadah kedap udara

Lapis legit utuh atau yang sudah dipotong, harus dimasukkan ke dalam wadah tertutup, sebelum disimpan lama.

“Kita taruh di wadah yang terutup rapat gitu kan untuk mencegah kontaminasi dan rasa cakenya supaya rasanya tetap sama,” kata Yuri.

  1. Taruh di suhu ruang

Menurut Yuri, lapis legit bisa saja disimpan di suhu ruang. Namun, hanya mampu bertahan hingga tiga hari.

Baca Juga:Cara Simpan Kain Songket Agar Tetap Awet

“Tiga hari juga pasti sudah mulai berjamur apalagi bahan yang digunakan untuk membuat lapis legit kan high protein ya. Kayak kuning telur, mentega, itu kan high protein ya sehingga membuat bakteri cepat berkembang,” jelas Yuri.

  1. Simpan di kulkas

Kulkas bisa menjadi tempat penyimpanan lapis legit yang tepat. Lemari pendingin ini mampu menjaga masa simpan dan kualitas lapis legit.

“Kalau di chiller (kulkas) best consume atau anjuran (baik dimakan) sampai satu minggu,” tutur Yuri.

Suhu kulkas yang disarankan untuk menyimpan lapis legit berkisar mulai nol hingga lima derajat celsius.

Baca Juga:Kue ‘Beku’ Berusia 40 Tahun untuk Pernikahan Charles-Diana Bakal Dilelang

  1. Simpan di freezer

Terakhir, lapis legit yang sudah dibungkus dengan plastik wrap, dapat disimpan di freezer agar tahan hingga dua bulan ke depan.

“Kita biarkan saja kan walaupun tidak ada es atau salju, tetap bakal lembab. Bukan karena kue tetapi karena ada kontaminasi dari suhu freezer itu,” jelas Yuri.

Suhu freezer untuk menyimpan lapis legit adalah minimum 18 derajat celsius atau lebih. Yuri tidak menyarankan untuk menghangatkan lapis legit yang sudah dibekukan, di microwave. Menurutnya, proses pemanasan microwave tidak bisa mengembalikan tekstur lapis legit seperti semula. Sebaiknya, lapis legit yang disimpan di freezer sebaiknya di taruh suhu ruangan terlebih dahulu, sebelum disajikan dan disantap. (kompas/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: