23.9 C
Medan
Saturday, January 29, 2022
spot_img

Palung Jawa Tempat Gurita Terdalam Di Dunia

Jakarta, MISTAR.ID

Palung atau jurang di dasar laut, dikenal sebagai lokasi yang sulit ditembus para penyelam. Palung Jawa berkedalaman 7.000 meter dan dikenal paling dalam, justru dijadikan gurita sebagai tempatnya.

Gurita tersebut berjenis Dumbo. Namanya berasal dari bentuk siripnya yang seperti telinga di atas mata, agak mirip dengan karakter gajah Dumbo besutan Disney.

Dr Alan Jamieson adalah peneliti yang menemukannya dengan memakai instrumen khusus yang ditaruh di dasar lautan. Ada dua gurita berhasil dijepret, satu di kedalaman 5.760 meter dan satu lagi di kedalaman 6.957 meter di Palung Jawa. Palung Jawa adalah jurang laut yang memanjang di Samudera Hindia, dari lepas laut timur Sumatera, sampai lepas laut selatan Jawa.

Baca Juga: Penyu Langka Bersarang Kembali Di Pantai Kosong Thailand Setelah 20 Tahun

Selama ini, gurita maupun telurnya memang sudah ditemukan di laut dalam, tapi belum ada yang menyentuh rekor ini. Sebelumnya, habitat gurita terdalam dijumpai di kedalaman 5.145 meter.

Itupun waktu penemuannya sudah lama, yaitu pada 50 tahun silam. Maka penemuan kali ini dianggap signifikan dengan kesimpulan bahwa gurita bisa hidup dan beradaptasi di sedikitnya 99% dasar lautan dunia.

“Mereka harus melakukan sesuatu yang pintar di dalam selnya. Jika Anda membayangkan sel seperti balon, maka akan kolaps di tekanan seperti itu. Maka, dibutuhkan biokimia pintar untuk memastikannya mempertahankan bentuknya,” kata Alan.

“Seluruh adaptasi yang diperlukan untuk hidup dalam tekanan (dasar laut) berada di level sel,” tambahnya,seperti dikutip¬†dari BBC.

Jamieson merupakan ilmuwan utama dalam program Five Deeps Expedition yang didanai oleh Victor Vescovo. Tujuannya menjelajahi area terdalam di lima samudera besar Bumi.(detikcom/hm02)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: