30 C
Medan
Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Memilih Destinasi Wisata yang Aman saat Pandemi

MISTAR.ID
Sudah satu tahun lebih di rumah saja sejak wabah Covid-19 melanda Indonesia, mungkin sudah mulai penat dan ingin berlibur meski sejenak. Tapi ketakutan masih menghantui, tempat mana yang dirasa aman dari Covid-19

Memang, tak bisa dipungkiri, pandemi virus Corona membuat agenda perjalanan tertunda, baik keluar negeri atau bahkan hanya sekedar travelling dalam negeri. Moda transportasi sempat dihentikan, baik bepergian dengan pesawat, via darat, ataupun laut.

Dalam prosesnya, orang-orang mulai bisa bepergian dengan pembatasan dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: PERBAKIN Dukung Wisata Unggulan Indonesia, Termasuk Danau Toba

Tidak cuma moda transportasi yang dibatasi, namun taman hiburan dan tempat wisata pun buka tutup. Saat dibuka, tempat-tempat tamasya itu juga membatasi kunjungan serta menerapkan protokol kesehatan.

Nah, anda yang memutuskan untuk melakukan perjalanan, tempat-tempat ini bisa dijadikan pilihan untuk menghabiskan akhir pekan kendati pandemi virus Corona belum benar-benar usai.

1. Destinasi Wisata Alam

Pemandangan Kawasan Danau.(f: karmel/mistar)

Destinasi wisata alam seperti pegunungan, pantai, bahkan air terjun bisa anda pilih untuk mengisi libur akhir pekan. Selain sirkulasi udara yang lancar, wisata alam biasanya memiliki area yang cukup luas sehingga traveler tetap bisa menjaga jarak dengan pengunjung lain.

Beberapa destinasi alam dekat ibu kota yang bisa Anda kunjungi bisa di dekat kota Anda, antara lain Danau Toba, Bukit Indah Simarjarunjung, Sidebuk-debuk, ke kebun teh dan lainnya.

2. Taman Kota

Jika anda tetap ingin berada di tengah kota, destinasi outdoor lain seperti hutan kota bisa anda lakukan, seperti taman bunga Kota yang ada di Kota kamu. Selain menikmati pemandangan, anda juga bisa berpiknik bersama dengan keluarga.

3. Destinasi yang menerapkan protokol CHSE
CHSE atau cleanliness, Health, Safety, dan Environment merupakan standar protokol kesehatan yang diberlakukan di Indonesia. Anda bisa mendatangi beberapa destinasi wisata yang sudah memiliki sertifikat CHSE sebagai tempat liburan.

Di Jakarta, traveler bisa singgah di Sea World, Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Indah, dan Waterboom PIK sudah mengantongi sertifikat CHSE.

Baca juga: Pemkab Toba Benahi Sarana Prasarana di Empat Desa Wisata

4. Destinasi yang Membatasi Pengunjung
Social distancing merupakan salah satu komponen penting dalam upaya mencegah penularan Covid-19. Beberapa destinasi indoor seperti pusat perbelanjaan, museum, dan galeri seni, sudah memberlakukan pembatasan pengunjung untuk mendukung social distancing.

Anda di kala pandemi memang sudah bisa Anda lakukan, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, menjaga jarak, selalu menggunakan masker dan menggunakan hand sanitizer.

Tapi, kalau bisa tetap di rumah saja, ya. Mengurangi jadwal berpergian mungkin itu lebih baik. Rekreasi bersama anak-anak di halaman rumah yang penuh bunga mungkin juga lebih nyaman. (detik/hm06)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: