29 C
Medan
Monday, October 3, 2022
spot_img

Bukit Gibeon, Objek Wisata Rohani yang Sejuk

Tobasa | Mistar – Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menyimpan ratusan objek wisata yang saat ini sedang galak-galaknya dikerjakan pemerintah dan swasta. Sejak didaulat menjadi kawasan strategis pariwisata nasional, beberapa kawasan objek wisata tradisional warisan para nenek moyang baik yang bernuansa etnik budaya,agama dan alam kini ikut terlibat akan hadirnya program tersebut.

Hal ini tampak pantauan Mistar dibeberapa wilayah pinggiran Danau Toba hingga daerah pegunungan dan perbukitan mulai merancang pola penataannya. Tak ketinggalan, pihak swasta juga tak mau jadi penonton.

Beberapa putra Tobasa belakangan ini sudah mencoba bahkan serius menarik minat para penikmat alam untuk berkunjung ke Tobasa. Sosok alm. DR. DL Sitorus yang tidak asing lagi latar belakangnya di seantero nusantara semasa hidupnya mendapuk “Bukit Gibeon” menjadi tujuan wisata rohani dan alam.

Dulunya Bukit Gibeon yang dikelilingi perbukitan gundul dan tandus, kini ditata menjadi sebuah kawasan wisata bonafit. Areal yang lumayan luas itu ditanami aneka buah dan tanaman tradisional semisal Andaliman.

Luar biasa, setelah melewati pintu masuk, mata kita dimanjakan dengan hijaunya bukit tersebut dan hiasan berbagai tanaman buah sepanjang akses jalan menuju gedung rohani dan bangunan gereja yang berdiri megah.

Berjalan ke arah barat ujung Bukit Gibeon, pengunjung dimanjakan sebuah kolam renang dewasa dan anak-anak serta air terjun buatan. Juga ada danau buatan dengan aneka wahana yang menambah asik untuk bercengkrama.

“Saya baru ini pertama kemari,” ujar salah seorang wanita separuh baya yang mengaku tinggal di Sumatera Selatan. Ia mengaku takjub dengan panorama Bukit Gibeon. “Kita bareng keluarga kemari. Udaranya adem, sejuk dan airnya jernih banget,” terangnya ketika disambangi Mistar dekat air terjun.

Hal senada diakui pengunjung lainnya saat Mistar meneguk secangkir kopi di restauran yang cukup bersih dan higienis dengan suguhan makanan nasional serta aneka cemilan. Di areal danau buatan tampak anak-anak menikmati aneka wahana. Demikian juga beberapa pasangan kaum muda yang nampaknya sedang menjalin asmara.

Anda penasaran? Jangan lewatkan jika ke Tobasa. (james/hm05)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Puluhan Mobil di Kompleks Mutiara Residence Deli Serdang Dirusak OTK

Medan, MISTAR.ID Sejumlah mobil yang terparkir di halaman dan garasi rumah warga di Kompleks Mutiara Residence Jalan Rumah Sakit Haji, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut...

Sejumlah Pendemo di DPRD Samosir Ngaku Tertipu, Dikira Demo Kelangkaan Pupuk

Samosir, MISTAR.ID Sejumlah masyarakat yang melakukan aksi unjuk rasa di Kantor DPRD Samosir, Senin (3/10/22), mengaku merasa dibohongi. Massa yang mengaku berasal dari Desa Sitoluhuta, Kecamatan...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: