29 C
Medan
Saturday, July 2, 2022
spot_img

Bukit Lawang dan Tangkahan Diprioritaskan Jadi Destinasi Wisata Dunia

Stabat, MISTAR.ID

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) intens mendukung kemajuan destinasi Bukit Lawang dan Tangkahan Kabupaten Langkat untuk menjadi destinasi wisata kelas dunia. Dukungannya getol dilakukan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmyadi melalui Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah dalam rapat koordinasi lintas sektoral antara Pemprovsu dengan Pemerintah Kabupaten Langkat.

Baik bertempat di Kantor Gebernur Sumatera Utara dan di lokasi wisata Bukit Lawang, hingga menginap untuk melakukan peninjauan Bukit Lawang dan Tangkahan bersama Bupati Langkat Terbit Rencana PA. Atas dukungan itu, Bupati Langkat Terbit Rencana PA dengan didampingi Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin, secara pribadi dan pemerintahan memberikan apresiasi. “Atas nama pribadi dan pemerintahan, saya ucapkan terima kasih kepada Pemprovsu,” sebut Bupati Langkat di Stabat, Rabu (12/1/22).

Bupati pun mendoakan kinerja ini menjadi amal zariyah, sebab kemajuan wisata Tangkahan dan Bukit Lawang selain meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga meningkatkan ekonomi kerakyatan dan pelaku usaha wisata. Dikatakannya, Pemprovsu akan membantu pembuatan jalan alternatif Bukit Lawang – Tangkahan (Bulangta). Jalan ini sepanjang 30 kilometer membuat jarak Bukit Lawang – Tangkahan semakin dekat.

Baca juga: Kembangkan Bukit Lawang-Tangkahan, Wagubsu Minta Dukungan Menteri LHK

Jika sebelumnya dari Bukit Lawang ke Tangkahan harus berputar dari Stabat dengan jarak ± 150 kilometer. Kini dengan jalan alternatif Bulangta lebih dekat dan hemat waktu, sebutnya. Sembari berharap pengerjaan jalan Bulangta segera terealisasi.

Selanjutnya Bupati Langkat memaparkan, sejumlah upaya Wagubsu untuk mengupayakan kemajuan Bukit Lawang dan Tangkahan dengan berkoordinasi dengan para menteri diantaranya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya Bakar, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, termasuk mengunjungi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) kawasan Borobudur.

Musa Rajekshah menyampaikan kunjungan ini dilakukan untuk mendukung target pemerintah mengembangkan wisata Tangkahan dan Bukitlawang berikut dengan beberapa desa di sekitarnya. Sebelumnya, Pemprov Sumut telah melakukan rapat koordinasi hingga melakukan kunjungan langsung ke Bukit Lawang bersama Dinas terkait di jajaran Pemprovsu dan Pemkab Langkat.(syofian/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: