22.5 C
Medan
Monday, December 6, 2021
spot_img

Cegah dan Lawan Covid-19 dengan Buah Pisang

Oleh: Feline Law

“Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Tentu semua pembaca yang membaca awal kutipan itu sangat familiar/akrab dan tahu makna yang tersirat di dalamnya. Ya, maksud dari kutipan tersebut adalah agar kita merawat tubuh kita lebih baik sebelum terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Di masa pandemi Covid-19 yang sepertinya tidak akan pernah berakhir, kita semua dituntut untuk selalu waspada dan wajib menjaga tubuh kita tetap sehat agar terhindar dari segala jenis pengobatan. Terlalu banyak kita melihat, mendengar dan bahkan menonton berita bahwa masyarat, orang sekitar, bahkan orang terdekat kita yang terpapar Covid-19. Kita hanya bisa berdoa agar mereka semua dapat segera disembuhkan, baik melalui tangan medis dan obat yang mereka konsumsi.

Terkhusus bagi kita yang belum terpapar (tentu doanya agar kita jangan sampai terpapar), salah satu tindakan pencegahan yang dapat dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar yaitu dengan berolahraga dan tentu saja makan makanan sehat.

Salah satu makanan sehat yang dimaksud adalah dengan mengkonsumsi buah bergizi yang dapat meningkatkan imun tubuh kita di tengah pandemi Covid-19. Salah satu buah yang dapat direkomendasikan adalah buah pisang.

Ya, anda tidak salah membaca frasa ‘buah pisang’. Buah pisang ini tentu sering kita temui dan mudah dikenal. Namun banyak orang yang anggap sepele perihal kaya gizi yang dikandung oleh buah pisang.

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai kandungan gizi buah pisang untuk menjaga ketahanan tubuh di tengah pandemi Covid-19, saya akan menjelaskan dulu sedikit sejarah buah pisang yang tidak banyak orang ketahui.

Sejarah Buah Pisang

Menurut sumber buku oleh Diane Engelhardt, pisang berasal dari Malaysia pada awal 2000 SM. Tetapi perkebunan pisang pertama kali di China sekitar 200 M. Diawal tahun 1500-an, Portugis dan Spanyol mengenalkan pisang ke Karabia dan Amerika. Perusahaan buah, terbentuk pada 1899, yang bertanggung jawab atas komersialisasi pisang Amerika Latin dan menguasai sebagian besar perdagangan buah tropis hingga pertengahan abad ke dua puluh.

Saat ini pisang diperdagangkan sebagai komoditas. Dengan bantuan transportasi pendingin (saat ini lebih dikenal dengan istilah ‘Kulkas’ atau ‘alat pendingin’). Pisang telah menaklukkan dunia. Menurut organisasi pangan dan pertanian perserikatan bangsa-bangsa.

India adalah produsen pisang terbesar dunia dengan total keluaran 21.7 metrik ton pada 2007. China adalah Negara kedua, dengan 8 metrik ton. Namun dari 130 negara yang menanam pisang, Mexico, Kosta Rika, Brazil, Kolombia, Ekuador, dan Filipina adalah produsen komersial utama.

Pisang tidak tumbuh di pohon seperti yang dibayangkan kebanyakan orang. Tetapi, di atas tanaman kokoh yang tingginya bisa mencapai 6 hingga 7,6 meter dengan daun yang besar hingga lebar 0,6 meter & panjang 2,75 meter.

Faktanya, tanaman pisang, Musa Acuminata, adalah ramuan abadi terbesar di dunia.Penanaman adalah yang paling cocok untuk area tropis dan subtropis dengan air yang cukup, tanah yang subur, dan drainase yang baik. Karena pisang telah dibudidayakan menjadi tanpa biji, pisang yang ditanam secara komersial diperbanyak melalui proses pemisahan cabang atau anak dari tanaman induk.

Diklasifikasikan sebagai berry daripada buah, pisang berkembang dalam kuncup bunga berbentuk hati dan membentuk tandan yang disebut “tangan” dengan 10 hingga 20 “jari” individu dengan berat 20 hingga 45 kilogram.

Meskipun kita membayangkan pisang dalam kulit kuning yang cerah dengan bintik bintik coklat berubah menjadi hitam kecoklatan solid saat matang dan manis. Mereka juga ada berbagai jenis warna dalam hijau, ungu, merah, oranye, merah muda, hitam, dan jaket bergaris dan berbagai ukuran.

Dari 1.200 varietas pisang, pisang yang paling banyak dikonsumsi adalah Cavendish kerdil (singkatnya Cavendish) dinamai oleh William Cavendish 6th Duke of Devonshire yang membudidayakan spesimen awal di rumah kacanya.

Manfaat Buah Pisang

Dilansir dari IDN Times, pisang adalah makanan yang sehat dan lezat. Harganya terjangkau, juga mudah didapat. Mulai dari supermarket hingga pasar tradisional. Pisang juga mempunyai segudang manfaat dan nutrisi-nutrisi penting bagi tubuh kita.

Dilansir dari healthline, manfaat pisang bagi kesehatan adalah:
1.Pisang mempunyai banyak serat dan vitamin
Vitamin yang banyak seperti kalium, vitamin B6, vitamin C, Magnesium, Tembaga, Mangan, Karbohidrat, Protein & sedikit lemak.

2.Memiliki nutrisi yang menyeimbangkan gula darah
Pisang memiliki kandugan pektin dan pati resistan untuk menyeimbangkan kadar gula darah, pisang memiliki peringkat rendah pada indeks glikemik yang meningkatkan gula darah. Walaupun begitu, orang dengan diabeted tipe 2 sebaiknya menghindari makan pisang matang.

3.Pisang bisa meningkatan kesehatan pencernaan
Pisang kaya akan serat & pati resistan yang memberi makan bakteri baik di usus, pisang juga melindungi kita dari risiko kanker usus besar

4.Pisang dapat membantu menurunkan berat badan karena pisang rendah kalori, namun tinggi nutrisi & serat

5.Pisang mendukung kesehatan jantung, karena pisang mengandung kalium &magnesium yang penting untuk kesehatan jantung

6.Pisang bisa mencegah asma
Dilansir dari studi yang dilakukan Imperial College of London, para ahli menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi pisang setiap hari berkurangnya risiko untuk terkena asma hingga 34%

7.Pisang mengandung antioksidan yang kuat
Antioksidan yang terkandung dalam pisang dapat membantu mengurangi kerusakan dari radikal bebas & menurunkan resiko beberapa penyakit

8.Pisang dapat membuat kenyang
Terkandung tingkat kematangan, pisang mengandung banyak pati atau pektin yang resistan yang dapat mengurangi nafsu makan dan membuat kenyang

9.Pisang dapat meningkatkan kesehatan ginjal
Makan pisang beberapa kali seminggu dapat mengurangi risiko penyakit ginjal hingga 50%

10. Pisang memiliki segudang manfaat untuk olaharaga
Pisang sering disebut makanan sempurna bagi para atlet karena kandungan mineral dan karbohidratnya yang mudah dicerna

11.Pisang juga sempurna untuk jadi makanan diet

12.Pisang bermanfaat untuk menjaga daya ingat & meningkatkan suasana hati

13.Mengandung triptofan dan asam amino yang berfungsi menjaga memori dan meningkatkan suasana hati.

Komposisi Nutrisi Buah Pisang

Pisang memiliki panjang yaitu sembilan inci adalah 75% air dan 35% kulit, dan memiliki antara 110-140 kalori. Pisang mengandung tiga gula sukrosa, fruktosa, dan glukosa menjadikannya makanan energi instan dan mempertahankan energi.

Daftar tabel berikut adalah beberapa nutrisi yang paling penting dari buah pisang:

NUTRISI JUMLAH
Karbohidrat 36 gram
Serat 3-4 gram
Protein 2 gram
Lemak 0.4 gram
Kolesterol 0
Vitamin C 13.8 mg
Kalsium 9.2 mg
Magnesium 44.1 mg
Mangan 0.3 mg
Kalium 602 mg
Sodium 1-2 mg

 

Kesimpulan

Setelah manfaat dan komposisi nutrisi yang disajikan di poin atas, maka muncullah pertanyaan: Apakah buah pisang dapat mencegah Covid-19? Kesimpulan yang dapat saya rangkum disini adalah dalam hal ini, pisang memang sumber serat yang baik , kalium makanan, vitamin B6 dan Vitamin C yang semuanya sangat baik & penting dalam diet sehat.

Namun, pisang tidak secara khusus bisa mencegah virus Covid 19. Tidak ada korelasi bahwa makan buah pisang dalam mencegah ataupun membunuh virus Covid 19. Namun, dengan tingkat kandungan gizi yang dimiliki oleh buah pisang, maka konsumsi pisang secara rutin tentu saja memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang.

Marilah kita rutin konsumsi buah pisang maupun buah lainnya secara rutin agar imun dan daya tahan tubuh kita menjadi semakin kuat di tengan pandemi Covid-19 yang semakin mengganas.

(Penulis saat ini adalah siswi kelas IX SMP Kristen Methodist Kota Pematangsiantar)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: