26 C
Medan
Saturday, July 2, 2022
spot_img

YS, Pasien Positif Covid-19 di kabupaten Toba Dirujuk ke RS Martha Friska Medan

Toba, MISTAR.ID

YS (21), warga Desa Paindoan Kecamatan Balige Kabupaten Toba, pasien yang terkonfirmasi positif swab test covid-19 telah dirujuk ke Rumah Sakit Martha Friska Medan.

Disebutkan, YS positif terpapar covid-19 berdasarkan hasil swab test di Rumah Sakit USU Medan pada Senin (11/5/20) lalu. Dia kemudian langsung dijemput ke rumahnya oleh tim medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Toba.

Guna penanganan perawatan, YS ditempatkan di ruangan isolasi Rumah Sakit Umum Daerah Porsea beserta ke 5 anggota keluarganya.

Selanjutnya YS dirujuk pada Selasa (12/5/20) untuk perawatan yang lebih intensif ke Rumah Sakit Martha Friska Medan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Toba dr Juliwan Hutapea didampingi Direktur RSUD Porsea dr Tommy Siahaan, saat konfrensi pers di posko Gugus Tugas Covid-19 Toba, Rabu (13/5/20).

“Bupati sekaligus Ketua Gugus Tugas Darwin Siagian saat ini berhalangan hadir karena sedang ada tugas lain,” kata Kadis Kominfo Kabupaten Toba, Lalo Simanjuntak saat membuka konfrensi pers.

“Tidak panik, berpikir jernih dan tetap waspada serta mengesampingkan emosional harus kita tanamkan dalam menghadapi serta menyikapi perkembangan situasi saat ini,” ujar Lalo.

Kadis Kesehatan Juliwan Hutapea menyebutkan, sejak YS reaktif rapid test hingga dikonfirmasi positif corona virus, tim surveilands sudah melakukan traching terhadap orang-orang yang kontak erat dengan YS.

Sebanyak 33 orang telah ditraching dan dirapid test namun hasilnya negatif, selanjutnya mereka diimbau untuk isolasi mandiri.

“Sementara kelima orang keluarga YS, masih dalam penanganan RS Porsea. Kelima orang keluarga dan orang-orang yang kontak erat dengan YS akan diawasi selama masa tenggang waktu isolasi mandiri,” terang Juliwan.

“Terkait penanganan lanjutan pasien positif YS, Selasa (12/5/20) sore, dia sudah kita rujuk ke RS Martha Friska Medan,” sebut Direktur RS Porsea Tommy Siahaan.

Rujukan dilakukan atas kesepakatan tim medis dengan tujuan perawatan dan penanganan yang lebih intensif disana.

“Sterilisasi rumah, pekarangan hingga tempat-tempat yang pernah dikunjungi YS selama berstatus reaktif rapid test, telah dilakukan penyemprotan disinfektan,” ujar Kaban BPBD Pontas Batubara.

“Selanjutnya jika masih ada tempat lain yang dikunjunginya yang belum tercover tim surveilands akan tetap ditindaklanjuti,” sambung Pontas.

Sementara itu data terkini covid-19 disampaikan Sekdis Kesehatan Siti Nuraya Sirait, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1 orang. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 1 orang dan positif terkonfirmasi covid-19 ada 1 orang yakni YS.

Sementara jumlah pelaku perjalanan baru sebanyak 24 orang dan pelaku perjalanan telah selesai masa pemantauan 42 orang.

“Sedangkan pelaku perjalanan dalam pemantauan 471 orang, sehingga total pelaku perjalanan yang telah selesai masa pemantauan berjumlah 3.476 orang,” urai Siti.

Penulis: James Tambunan
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: