26.7 C
Medan
Tuesday, July 5, 2022
spot_img

Wisata Pantai Sergai Lesu

Sergai | Mistar – Sejak lima bulan terakhir kawasan wisata pantai di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengalami penurunan pengunjung. Jumlah penurunannya bahkan hingga lima puluh persen. Sepinya jumlah pengunjung tampak dari pantauan harian Mistar, Senin (21/10/2019).

Penurunan pengunjung ini menyebabkan para pengelola wisata pantai merugi, hal ini mulai dirasakan sejak dibukanya Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi. Secara berlahan pengunjung mulai berkurang ditambah lagi infrastruktur jalan menuju lokasi wisata yang kurang baik dan tergolong sempit, sehingga mengurangi minat pengunjung datang. Selain itu cuaca ekstrim dan kabut asap beberapa waktu lalu 0turut menyumbang terpuruknya industri wisata pantai di Sergai.

Berbeda halnya dengan wisata Danau Toba, jalan menuju akses wisatanya cukup baik sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung. Apalagi sejak jalan tol Medan-Tebing Tinggi dibuka, akses menuju Tebing Tinggi dari Medan hanya butuh waktu kurang lebih 45 menit. Kemudahan ini menyebabkan banyak wisatawan yang lebih memilih ke Danau Toba ketimbang ke wisata pantai di Sergai.

Salah satu wahana wisata pantai yang mengalami penurunan pengunjung adalah Pantai Cemara Kembar di Dusun Tiga, Desa Naga Lawan, Kecamatan Perbaungan.

Jalaludin (38), pengelola Pantai Cemara Kembar mengaku sudah lima bulan terakhir jumlah pengunjung menurun. Biasanya bisa mencapai 1000 orang perbulan. “Sekarang hanya tinggal 500 orang perbulan,”kata Jalaludin sambil menduga mungkin hal ini disebabkan masalah ekonomi atau pun yang lain.

Ia masih berharap kedatangan pengunjung bisa ditingkatkan. Untuk itu Jalaludin tengah berupaya memperbaiki fasilitas yang ada. “Mungkin saja masih ada fasilitas yang kurang. Namun kami berharap pemerintah mau membantu akses jalan, sebab ini yang selalu dikeluhkan pengunjung,”katanya.

Sementara Riski (26) salah seorang pengunjung, warga Desa Pon Kecamatan Sei Bamban Sergai mengatakan justru senang wisata pantainya sunyi. Sebab ia bisa lebih leluasa untuk melihat keindahan pantai. “Cuma jalan masuknya ini yang minta ampun, banyak batu yang nongol belum diaspal pulak,” aku Riski yang sedang berwisata di Wahana Wisata Pantai Cemara Kembar.

Penulis : Boby
Editor : Edrin

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: