25 C
Medan
Tuesday, August 9, 2022
spot_img

USU Jalin Kerja Sama Kembangkan Inovasi dengan Kimia Farma

Medan, MISTAR.ID

Universitas Sumatera Utara (USU) menjalin kerja sama dengan PT Kimia Farma dalam bidang kefarmasian. Hal itu tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman yang berlangsung di Ruang Audiensi Gedung Biro Pusat Administrasi USU, Rabu (30/3/22).

Rektor USU Dr Muryanto Amin mengatakan, tujuan utama diadakannya kerja sama ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sekaligus membuka ruang yang lebih luas bagi terlaksananya berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan skill, keilmuan dan inovasi di bidang farmasi dan obat-obatan.

“Dengan diadakannya penandatanganan nota kesepahaman ini, hubungan yang terjalin antara USU dengan PT Kimia Farma dapat semakin erat dan mampu memberikan kontribusi positif,” ujarnya. Bentuk kerja sama yang dilakukan antar USU dengan PT Kimia Farma ini berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga: USU Sosialisasikan Reformasi Birokrasi Bebas Korupsi kepada Tenaga Kebersihan

“Kerja samanya berlandaskan Tri Dharma. Setelah ini ada dibuat diskusi yang berupa masukan kepada Kimia Farma, dari situlah akan diketahui apa saja bentuk kerja samanya,” jelasnya.  Kerja sama ini ditargetkan dapat memberikan manfaat baik kepada Kimia Farma maupun USU, terutama dalam perkembangan ilmu pengetahuan bagi seluruh mahasiswa, khususnya di bidang farmasi. “Bisa memberikan manfaat kepada Kimia Farma dan USU terutama mahasiswa beserta kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kefarmasian,” ungkapnya.

Direktur Umum Human Capital PT Kimia Farma Dharma Syahputra menjelaskan, langkah pertama yang akan dilakukan adalah mendefinisikan potensi dari kerja sama ini, seperti melakukan penelitian, sosialisasi antar industri Kimia Farma dengan praktisi akademisi dan juga pengembangan produk baru.

“Kami melihat ada beberapa potensi seperti yang disampaikan oleh Rektor misalnya join research, kemudian magang, kemudian nanti ada sharing antar industri Kimia Farma dengan praktisi akademisi satu sama lain. Kemudian juga termasuk kepada pengembangan produk-produk baru,” ucapnya. Menurut Dharma Syahputra, meskipun berfokus pada bidang farmasi, serangkaian kegiatan yang akan dilakukan nantinya juga terbuka bagi seluruh mahasiswa dari berbagai jurusan di USU. (ial/hm09)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: