26.7 C
Medan
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Tingkatkan Pelayanan, PLN Rilis Tim Sentuh Langsung

Medan, MISTAR.ID – PLN Wilayah Sumatera Utara (Sumut) resmi merilis Tim Petugas Dalam Keadaan Bertegangan Sentuh Langsung (PDKB SL) untuk meningkatkan kinerja pelayanan kepada pelanggan. Tim ini dilatih khusus untuk melakukan pemeliharaan, perawatan dan perbaikan jaringan dengan menyentuh langsung kabel bertegangan menengah. Untuk tahap awal, petugas ini disebar di lima Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) di Sumut.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara, Feby Joko Priharto mengatakan pihaknya telah meningkatkan kemampuan pemeliharaan dan penanganan gangguan dengan membentuk tim PDKB SL.

“Pada hari ini PLN Unit Induk Sumatera Utara melaunching PDKB Sentuh Langsung,” ujarnya seusai Launching PDKB Metode Sentuh Langsung PLN UIW Sumut, di kantor PLN UP3 Medan Utara, Senin (28/10/2019).

Sebelum ada unit kerja ini, PLN Sumut hanya memiliki PDKB berjarak yang secara teknis bertugas untuk tegangan rendah serta tidak menyentuh langsung kabel bertegangan. Namun, kini Sumut menjadi wilayah ketiga PLN di regional Sumatra yang memiliki tim PDKB SL, setelah Lampung dan Riau.

Pada tahap awal, total anggota tim PDKB SL PLN UIW Sumut berjumlah 45 personel yang disebar ke lima UP3, yakni UP3 Medan, UP3 Medan Utara, UP3 Binjai, UP3 Lubuk Pakam dan UP3 Pematangsiantar. “Tahun depan, tim PDKB SL juga akan ditempatkan di lima wilayah UP3 lain di Sumut,” katanya.

Tim PDKB SL utamanya dikerahkan untuk melakukan pemeliharaan terencana terhadap jaringan distribusi tegangan menengah, tanpa pemadaman. Tim ini juga bertugas mengatasi gangguan jaringan yang sulit diatasi dengan penanganan biasa.

Dalam perjalanannya nanti, tim tersebut juga akan diberdayakan dalam pemasangan jaringan kepada pelanggan sehingga akan mempercepat proses pasang baru. Selain dua kali lebih cepat, dengan pelibatan PDKB SL juga tidak perlu dilakukan pemadaman dalam proses pasang baru.

Kepada para personel tim PDKB SL, Feby juga berpesan untuk terus meningkatkan kemampuan, tidak lengah dan selalu mematuhi SOP (standard operating procedure). Personel PDKB SL juga dia minta tidak jumawa meski telah dilengkapi APD yang sangat mumpuni karena akan menyebabkan kondisi bahaya.

Penulis : Daniel
Editor : Edrin

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Kadishub ke Wartawan di Sidang Paripurna HUT ke-75 Dairi: Apa Foto-foto,...

Dairi, MISTAR.ID Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Dairi Parulian Sihombing berlagak seperti preman dan terkesan arogan kepada wartawan mistar.id bernama Julius Manurung. Seperti yang terjadi saat...

Remaja 16 Tahun di Asahan yang Viral Pamer Sajam di Medsos...

Asahan, MISTAR.ID Polisi mengamankan S, remaja berusia 16 tahun yang viral di media sosial (medsos) karena pamer senjata tajam (sajam). Ia pun ditangkap tak lama...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: