32 C
Medan
Saturday, July 2, 2022
spot_img

Tingkatkan Indeks Pertanaman Sawah, Bupati Launching Tanam Perdana Jagung di Toba

Toba, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba, melaksanakan program peningkatan indeks pertanaman lahan sawah dengan komoditi jagung dengan sasaran lahan persawahan seluas 336 hektar di Toba, yang ditandai dengan launching tanam perdana di Desa Narumonda VI Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Jumat (16/7/21).

Dihadiri langsung Bupati Toba Poltak Sitorus dan rombongan rangkaian kegiatan berlangsung dalam kepatuhan terhadap protokol kesehatan Covid-19. Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Toba, Jerri Silaen dalam laporannya menyebutkan program peningkatan indeks pertanaman lahan sawah dengan komoditi jagung, merupakan program Pemkab Toba dalam rangka pemulihan ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Jerri, sebanyak 994 kelompok tani di Toba akan mendapat bagian program ini dengan melihat kesiapan lahan para kelompok tani. Launching tanam kali ini merupakan tanam perdana bagi 2 kelompok tani (poktan) di Desa Narumonda VI yakni Poktan Dosroha dan Poktan Wanita Tani. Untuk Kecamatan Siantar Narumonda sendiri, direncanakan seluas 32 hektar akan mendapat bagian program.

Baca juga: Menteri Marves  Sambut Positif, Panen Perdana Komoditas Food Estate Humbahas

Bupati Toba Poltak Sitorus, dalam arahannya mengatakan agar program ini dapat dimanfaatkan untuk menopang pertumbuhan ekonomi petani, terlebih di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Di samping itu, program ini sebagai upaya peningkatan indek pertanaman lahan persawahan di wilayah Toba dengan komoditi tanaman jagung.

“Kami berharap dengan program seperti ini, kita dapat mendukung program Pemkab Toba yang unggul dan bersinar, mari bekerja dan selalulah bekerja,” tandasnya. Di penghujung launching tanam perdana komoditi jagung, Bupati Toba bersama unsur Forkopimda menyerahkan bantuan benih jagung hibrida jenis pioneer 32 kepada kedua poktan. (james/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: