32 C
Medan
Saturday, May 28, 2022
spot_img

Selidiki Adanya Penjara di Rumah Bupati Langkat, Poldasu Bentuk Tim

Medan, MISTAR.ID

Polda Sumatera Utara membentuk tim untuk menyelidiki temuan bangunan mirip penjara atau kerangkeng yang ada di rumah Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-angin di Desa Raja Tengah Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat.

“Polda Sumut sudah membentuk tim dan bekerjasama dengan BNNP Sumut dan BNNK Langkat,” ucap Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Hadi Wahyudi, Selasa (25/1/22). Ia menyebutkan, tim yang telah bentuk itu sedang bekerja untuk mengusut keberadaan penjara yang dihuni oleh puluhan pekerja.

“Tim sedang bekerja, apapun informasi, keterangan dan fakta-fakta di lapangan, semuanya sedang kita dalami,” ucap dia. Dari hasil penyelidikan awal, sambung Hadi, penjara itu sudah ada sejak tahun 2012. “Hasil penyelidikan tim, tempat itu berdasarkan informasi yang diterima sudah ada sejak 2012,” ujarnya.

Baca juga: Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat Terbit Perangin-angin, Gubenur: Tidak Boleh Itu!

Sehari sebelumnya, Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Hadi Wahyudi mengaku, penemuan bangunan mirip penjara itu diketahui saat tim KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di rumah Bupati Langkat pada Rabu (19/1/22). “Saat penggeledahan oleh KPK itu, terdapat 27 orang yang berada di dalam bangunan mirip penjara tersebut,” ucapnya, Senin (24/1/22).

Hadi mengatakan, sampai saat ini keberadaan rehabilitasi narkoba yang disebut Bupati Terbit belum memiliki izin. “Tahun 2017, BNNK Langkat, sempat berkoordinasi di sana, kalau memang dijadikan tempat rehabilitasi, biar diberikan izin resmi. Tapi sampai detik kemarin, itu tidak ada,” jelasnya.

Terkait dugaan memperkerjakan orang yang berada di bangunan mirip penjara itu di kebun sawit, Kombes Hadi tidak menjelaskan secara detil. “Sel ada, berupa ruang tahanan, itu betul. Ini tim sedang dalami. Kalau dugaan mempekerjakan karyawan yang ditahan, sampai saat ini segala informasi terus dilakukan pendalaman. Ada yang mengatakan mereka tiap pagi kerja di perkebunan,” tambahnya. Sebelumnya Migrant Care mendapatkan informasi bahwa terdapat kerangkeng manusia di lahan belakang rumah Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin-angin. (saut/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: