31.7 C
Medan
Saturday, May 21, 2022
spot_img

Sejumlah Daerah di Sumut Liburkan Sekolah, Gubsu: Meliburkan Sekolah Bukan Solusi

Medan, MISTAR.ID

Kebijakan sekolah di sejumlah daerah Sumatera Utara (Sumut) yang telah diliburkan demi mencegah penyebaran virus korona, sepertinya tidak serta merta didukung Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. Dia menegaskan, dirinya belum mengeluarkan instruksi untuk libur sekolah itu.

Pernyataan Edy ini disampaikannnya menanggapi sejumlah sekolah di Medan dan beberapa daerah lainnya telah meliburkan siswa mereka. Bahkan, di Kabupaten Simalungun dan Batu Bara, pemerintah setempat telah meliburkan sekolah hingga tingkat SMP.

Menurut Edy, meliburkan anak sekolah pada saat kondisi Sumut seperti saat ini bukan merupakan solusi terbaik. Dia menyebut, Sumut masih berstatus level siaga untuk penyebaran virus korona.

“Saya belum mengeluarkan (intruksi) sekolah untuk libur. Perlu kita perdebatkan dan perlu dikaji karena anak sekolah libur bukan menyelesaikan masalah dengan kondisi saat ini Sumut pada level siaga,” ujarnya di Medan, Senin (16/3/20).

Ditambahkan, para siswa nantinya bisa salah mengartikan libur sekolah karena korona dengan memanfaatkan waktu untuk jalan-jalan.

“Bisa nanti dia diliburkan malah jalan-jalan ke mana-mana, ini nanti kita perhatikan. Kita akan lihat setiap saat, kita akan rapat, akan ada masukan mengenai ini dari orang profesional tentang kesehatan,”ungkapnya.

Namun, Edy tetap memberikan keleluasaan bagi kabupaten/kota untuk meliburkan sekolah. “Masing-masing daerah punya karakteristik sendiri, sesuai petunjuk presiden, silahkan. Masing-masing daerah yang tahu pasti kondisi daerahnya. Namun demikian saya ikuti terus perkembangannya. Nanti kita akan tanya referensinya meliburkan anak sekolah, karena itu ada aturan mainnya,”tandasnya.

“Kita berpikir bukan hanya kondisi korona ini, banyak implikasi yang diakibatkan oleh korona ini. Jangan membuat orang jadi panik sehingga di luar korona akan menjadi kesulitan. Nanti akan kita cek, saya belum mengintruksikan sekolah libur dan UN tetap berjalan,” tegasnya.

Sebelumnya, saat Edy meninjau pelaksanaan Ujian Nasional di SMK Negeri 7 Medan. Dia menyebut belum mengeluarkan instruksi meliburkan sekolah karena penyebaran virus korona di Sumut belum terlalu membahayakan. “Nanti (kalau) sudah meningkat wabahnya, sudah membahayakan kondisi di sekolahan baru kita ambil langkahnya,” ujarnya. (hm08).

Reporter : Daniel Pekuwali
Editor : Maris

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: