23.9 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Rumah Pintar Pena Gelar Try Out Akbar

Pangkalan Berandan | Mistar – Rumah Pintar Pena selenggarakan Try Out Akbar untuk siswa – siswi tingkat SD, SMA/MA/SMK di Jalan Medan – Banda Aceh Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat Sumatera Utara, Minggu (20/10/19 ).

kegiatan Try Out yang diikuti 150 siswa ini dilaksanakan 2 sesi
Menilik ke belakang, proses pendaftaran SBMPTN 2020 tidak berbeda jauh seperti tahun sebelumnya, para peserta diharuskan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) terlebih dahulu sebagai prasyarat pendaftaran.

SBMPTN UTBK sendiri diadakan dua gelombang dalam satu tahun, dan para calon pendaftar diperbolehkan mengikuti kedua gelombang tes tersebut jika dirasa nilai UTBK di tes gelombang sebelumnya belum optimal. Nilai UTBK inilah yang dijadikan acuan peserta tersebut bisa diterima atau ditolak di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dituju.

Tingkat kesulitan soal-soal UTBK jauh lebih tinggi dibandingkan soal ujian nasional. UTBK memiliki dua materi tes yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Untuk TPS peserta akan diukur kemampuan dalam penalaran umum, pemahaman bacaan dan menulis, pengetahuan dan pemahaman umum, dan pengetahuan kuantitatif.

Sedangkan dalam TKA, peserta akan dihadapkan dua pilihan kelompok ujian yakni Saintek untuk mata pelajaran IPA dan Soshum untuk pelajaran IPS. Oleh karena itu sebelum mengikuti UTBK, diharapkan para calon terlebih dahulu belajar dan mengenali tipe-tipe soal UTBK agar nilai yang didapatkan sesuai dengan Jurusan/Program Studi yang diimpikan.

Menurut Muhammad Ilyas S.Si.M.M Koordinator Rumah Pintar Pena, Try Out ini untuk mensimulasikan kegiatan UTBK-SBMPTN 2020 mendatang. Kegiatan ini diharapkan bisa memberi gambaran nyata kepada para siswa terkait pengenalan tipe-tipe soal, pembahasan soal dan nilai UTBK.

Kegiatan ini dapat menjadi acuan bagi calon untuk mengukur sejauh mana kemampuan mereka dalam menghadapi UTBK 2020. Karena dalam kegiatan ini tidak hanya sekedar mengerjakan soal, tetapi juga diberikan gambaran secara langsung kiat-kiat dan cara sukses menaklukkan UTBK. (gunarso/hm05)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Puluhan Mobil di Kompleks Mutiara Residence Deli Serdang Dirusak OTK

Medan, MISTAR.ID Sejumlah mobil yang terparkir di halaman dan garasi rumah warga di Kompleks Mutiara Residence Jalan Rumah Sakit Haji, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut...

2 Penambang Emas di Madina Tewas Tertimbun Longsor

Madina, MISTAR.ID Warga Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tiba-tiba dikejutkan dengan meninggalnya dua orang warga yang tertimbun tanah longsor saat menggali lubang, di lahan eks PT...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: