25 C
Medan
Tuesday, October 26, 2021
spot_img

Rumah Aspirasi Lamhot Sinaga Diresmikan di Samosir

Samosir, MISTAR.ID

Peresmian Rumah Aspirasi Lamhot Sinaga, anggota DPR RI Komisi VII dilaksanakan di Desa Parduhul Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, Rabu (13/10/21).

Dalam arahannya, Lamhot Sinaga pertama sekali berterima kasih kepada Tuhan atas diresmikan rumah aspirasi ini, yang tujuannya supaya masyarakat dapat mengakses aspirasi.

“Rumah aspirasi ini adalah milik masyarakat Samosir, tidak terbatas, semua masyarakat Samosir dapat datang ke sini untuk menyampaikan aspirasinya, apa kebutuhan pembangunan di Samosir,” sebutnya.

“Semua kawasan Danau Toba untuk tahun anggaran 2022, sudah saya minta kepada Menteri supaya diprioritaskan dalam UKM difasilitasi, termasuk sentra UKM tenun, karena Kabupaten Samosir merupakan sentra tenun. Dan kalau memungkinkan, Samosir juga menjadi sentra UKM jagung,” katanya lagi.

Baca Juga:Inspektorat Pemkab Samosir Kekurangan Auditor Bersertifikat

Lamhot Sinaga menjelaskan, situs-situs bersejarah di Samosir juga menjadi perhatian khusus, dimana pemerintah belum secara konkrit memperhatikan pelestarian situs-situs bersejarah.

“Harapan kita ke depan, supaya pelestariannya ditingkatkan. Samosir merupakan destinasi super prioritas, maka jaringan listrik harus cukup dan memadai,” ungkapnya.

Di akhir arahan dan sambutannya, Lamhot Sinaga berpesan kepada Kapolres Samosir untuk memberikan perhatiannya dalam Kamtibmas di Samosir, khususnya rumah aspirasi.

Sementara, Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemkab Samosir dia menyampaikan skala prioritas Pemkab Samosir meningkatkan sektor pertanian bukan hanya bantuan bibit dan pupuk.

Baca Juga:Pemkab Samosir, Sambut Kedatangan Peserta Geobike Kaldera Toba

“Makanya kita pacu dinas pertanian untuk bekerja lebih maksimal lagi, supaya profesionalismenya semakin meningkat ke depannya,” ungkapnya. Martua Sitanggang mengucapkan terima kasih kepada Lamhot Sinaga sebagai anggota DPR RI yang sudah mendirikan rumah aspirasi di Kabupaten Samosir.

Pemkab Samosir sudah mengusulkan ke pusat supaya seluruh pasar tradisional di Kabupaten Samosir dibangun dan diaktifkan, agar perekonomian masyarakat Samosir meningkat,” terangnya.

Wakil Bupati Samosir ini juga meminta agar Lamhot Sinaga memberikan arahan dan petunjuk kepada Pemkab Samosir, termasuk dalam hal jalan lingkar Pulau Samosir kalau bisa ada lampu jalan.

Selanjutnya secara simbolis, Martua Sitanggang juga menyampaiakn usulan-usulan Pemkab Samosir kepada Lamhot Sinaga.

Baca Juga:Dukung KSPN Pemkab Samosir Gotroy Jumat Bersih

Senada, Yasir Lukman selaku General Manajer Komunikasi PLN Wilayah Sumatera Utara mengatakan, sesuai dengan inisiasi Lamhot Sinaga, PLN memberikan CSR ke Kabupaten Samosir senilai Rp520 juta.

“Semoga bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Samosir. Berinovasilah, jangan kita menyerah di masa pandemi Covid 19 ini,” sebutnya.

Dikatakannya, PLN sekarang ini telah berinovasi dengan layanan mobile. Jika ada yang menambah daya, pelayanannya sudah bisa dilayani secara online, juga pengaduan pelanggan sudah dapat melaporkan gangguan dan keluhan secara online. Maka urusannya sudah dipermudah,” tuturnya.

Wakil ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas persemian Rumah Aspirasi Lamhot Sinaga. “Semoga rumah aspirasi ini menjadi berkat buat Kabupaten Samosir,” ungkapnya.(pangihutan/hm10)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: