25 C
Medan
Tuesday, September 28, 2021
spot_img

Rapat Ranperda Pertanggungjawaban APBD Tengah Malam, Nota Jawaban Bupati Dairi Dicerca Dewan

Sidikalang,MISTAR.ID

Rapat Ranperda Perajanggungjawaban APBD Kabupaten Dairi dengan agenda mendengar nota jawaban bupati atas pemandangan umum anggota DPRD berlangsung hingga Jumat dini hari (23/7/21). Nota Jawaban Bupati Dairi bahkan sempat dicerca anggota DPRD tersebut karena merasa tidak memperoleh jawaban yang memuaskan.

Rapat ini sempat diskors Wakil Ketua DPRD Dairi Halpensius Tondang dan kembali dibuka pada pukul 21.00 Wib Kamis (22/7/21). Nota jawaban secara bergantian dilakukan oleh  Bupati Dairi dengan Sekda Leonardus Sihotang. Mereka membacakan nota jawaban atas pemandangan umum 13 orang DPRD dari podium

Anggota DPRD Dairi dari Partai Demokrat Rukiatno Nainggolan dan Bona Sitindaon merasa tidak puas dengan nota jawaban yang disampaikan Bupati Dairi. Keduanya meminta melakukan pendalaman. Mereka juga meminta agar sejumlah pimpinan OPD terkait sekaligus berdiri sama-sama dipodium ruang sidang DPRD guna menjelaskan dan menjawab langsung pertanyaan DPRD. Permintaan itu disanggupi Bupati.

Baca juga: Bupati Dairi ‘Diserang’ 13 Anggota Dewan dalam Pemandangan Umum DPRD

Sejumlah pimpinan OPD itu diantaranya, Kepala Dinas Pendidikan JW Purba, Dinas Kesehatan Ruspal Simarmata dan Direktur RSUD Sidikalang Sugito Panjaitan.

Anggota DPRD Rukiatno lebih dahulu meminta penjelasan Direktur RSUD Sidikalang Sugito Panjaitan terkait kriteria perolehan atau penerimaan jasa insentif penanganan pasien covid-19 di RSUD . Namun anggota DPRD Rukiatno merasa tidak puas dengan jawaban Direktur RSUD Sidikalang.

Tidak hanya itu sejumlah pertanyaan juga dilontarkan Rukiatno kepada Kepala Dinas Kesehatan Ruspal Simarmata dan Kepala Dinas Pendidikan JW Purba. Namun jawaban yang disampaikan keduanya kembali tidak memuaskan anggota DPRD tersebut.

“Jawaban tidak ada yang nyambung,” ujar Rukiatno. “Terima kasih pak bupati pak pimpinnan sidang terhormat,tidak nyambung” tutup Rukiatno

Menimpali hal tersebut, anggota DPRD Dairi dari partai Golkar Depriwanto Sitohang meminta agar Bupati mengganti pimpinan OPD karena tidak memahami tupoksi.

Baca juga: Wakil Ketua DPD Golkar Sumut Desak Gubsu dan Bupati Dairi Lobi Vaksin ke Pusat

“Apa yang ditanya saudara Rukiatno lain dijawab para kabinet pak bupati. Untuk itu pak bupati kalaulah kabiner pak bupati ini dipertahankan,bagaimana pak bupati membawa Dairi ini ke Dairi unggul?” timpal Depriwanto anak mantan Bupati Dairi Jonny Sitohang Adinagoro itu.

Amatan wartawan dalam sidang paripurna, Bupati Dairi berulang-ulang diminta para DPRD untuk menjawab pertanyaan dewan lebih detail. Sidang yang penuh pertanyaan DPRD ini selesai pukul 02.00 Wib dini hari, Jumat(23/7/21) .(manru/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
18,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: