Puluhan Rumah Rusak Parah Diterjang Angin Puting Beliung di Sidikalang

Puluhan Rumah Rusak Parah di Terjang Angin Puting Beliung di Dairi
Atap rumah milik Sabar Hutauruk warga Desa Blangmalum Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi, hancur dan menganga diterjang angin puting beliung, Jumat(5/3/21). (f:manru/mistar)

Sidikalang, MISTAR.ID
Puluhan unit rumah rusak parah di dua desa dan satu kelurahan di Kabupaten Dairi akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi, Jumat (5/2/21) sekira pukul 16.30 WIB. Kerusakan itu dibenarkan Camat Sidikalang Robot Manullang saat dihubungi lewat seluler, Jumat (5/3/21).

“Ya benar, kurang lebih 20 unit rumah rusak parah akibat terjangan angin puting beliung , yakni di Kelurahan Hutagambir ada 8 unit, Desa Huta Rakyat 5 unit dan di Desa Blangmalum 7 unit. Sampai saat ini, kita masih melakukan pendataan ke lapangan bersama tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dairi, dibantu TNI/Polri,” kata Robot Manullang.

Atas musibah tersebut, para pemilik rumah yang rusak terpaksa mengungsi ke rumah tetangga untuk sementara, sambil menunggu persedian sarana dari BPBD Dairi.

Baca Juga:Angin Puting Beliung Rusak Rumah Dan Tumbangkan Pohon Di Siantar

Di tempat lain, yakni di seputaran Kota Sidikalang, sejumlah tiang listrik dan pohon, sejumlah baliho milik Pemerintahan Dairi, dan papan reklame tepatnya di depan Kantor Bupati Dairi dan Mapolres Dairi, tumbang akibat bencana alam ini.

Atas kejadian tersebut, arus listrik kurang lebih 3 jam padam di seputaran Kota Sidikalang, dan tiang listrik yang tumbang ada menimpa rumah warga. “Di Jalan Palapa Sidikalang, pohon besar tumbang dan menimpa teras rumah warga. Untung tidak ada korban,” sebut salah seorang warga.

Akibat angin kencang yang terjadi dalam hitungan menit itu, tidak sedikit terjadi kerusakan kecil pada sejumlah rumah warga Kota Sidikalang, seperti seng atap rumah berterbangan.(manru/hm10)