27.8 C
Medan
Monday, August 8, 2022
spot_img

Polres Batu Bara dan Balai Veteriner Sumut Cek 40 Sapi Suspek PMK

Batu Bara, MISTAR.ID

Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes diwakili Kasat Binmas AKP Agus Ita Lestari Ginting bersama petugas Balai Veteriner Sumut dan Dinas Perikanan Peternakan Batu Bara melakukan pengecekan ternak sapi yang diduga suspek penyakit mulut dan kuku (PMK) di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Lima Puluh, Kamis (19/5/22).

Agus Ita Lestari mengatakan pengecekan dilakukan untuk pengambilan sampel dalam rangka mengantisipasi wabah PMK pada sapi.

Pantauan wartawan, Kasat Binmas bersama 2 orang petugas Balai Veteriner Ruben Panggabean dan Ramang Tarigan didampingi Kadis Perikanan dan Peternakan Batu Bara Antoni Ritonga dengan disaksikan Irwanto selaku pemilik ternak sapi melakukan pengambilan sampel darah dan air liur 40 ternak sapi yang diduga suspek PMK.

Baca Juga:Akibat Wabah PMK, Pemprov Sumut Konsen pada Hewan Kurban

“Sampel darah akan diteliti dan diuji laboratorium dengan hasilnya beberapa hari kemudian,” jelas Agus Ita Lestari.

Selanjutnya, Agus Ita Lestari melakukan koordinasi dengan pihak Balai Veteriner Provinsi Sumut dan Dinas Perikanan dan Peternakan Batu Bara terkait penanganan dan pencegahan guna mengambil langkah-langkah selanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, petugas mengimbau para peternak agar tidak panik, mengingat wabah PMK tidak dapat menular kepada manusia. PMK hanya menular kepada hewan ternak.

“Peternak juga kita imbau untuk memeriksakan sapi miliknya secara berkala kondisinya dan melaporkan segera kepada penyuluh peternakan apabila mendapati ciri-ciri terjangkit PMK,” pungkas Kasat Binmas. (ebson/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: