32 C
Medan
Saturday, May 28, 2022
spot_img

PMK Tak Menular ke Manusia, Kapolres Batu Bara Imbau Warga Tidak Panik

Batu Bara, MISTAR.ID

Masyarakat peternak diimbau tetap tenang dan tidak panik menghadapi virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak sapi karena virus tersebut tidak dapat menular ke manusia dan hanya menular ke ternak saja.

Imbauan tersebut disampaikan Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes melalui Kasat Binmas Polres Batu Bara AKP Agus Ita Lestari Ginting menanggapi kekhawatiran masyarakat akan penularan virus PMK ke manusia, Jumat (13/5/22).

Dikatakan AKP Agus Ita Lestari, Sat Binmas yang dipimpinnya telah menerima instruksi dari Kapolres Batu Bara bersama satuan lain dan jajaran Polsek untuk melakukan pengecekan sapi milik masyarakat.

Baca juga: 18 Ekor Sapi di Deli Serdang Diduga Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku

Dikatakannya, pengecekan juga menyahuti Surat Telegram Kapolri Nomor : STR / 395 / V / OPS 1.1. / 2022 tanggal 11 Mei 2022 tentang Penanggulangan wabah PMK dan Surat Telegram Kapolda Sumut Nomor : STR / 270 / V / OPS 1.1. /2022 tanggal 12 Mei 2022.

Terkait itu, diungkapkan Agus Ita Lestari, pihaknya terus menggelar bimbingan dan penyuluhan kepada peternak sapi dalam rangka antisipasi pencegahan penyakit mulut dan
kuku (PMK).

Dikatakannya, pihaknya telah menugaskan Kaur Bin Ops Sat Binmas Iptu AR Siregar, Kanit Bintibsos Sat Binmas Aiptu Rahyudi dan personil Sat Bimas serta penyuluh peternakan untuk melakukan pengecekan sapi milik Marno di Dusun I Desa Empat Negeri Kecamatan Datuk Lima Puluh. Hasilnya, belum ditemukan kasus wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi.

Baca juga: Dinas Peternakan Asahan Selidiki Informasi Dugaan Sapi Terjangkit PMK

Dikatakan AKP Agus Ita Lestari, petugas melakukan pengecekan ternak sapi guna memastikan kondisi lembu baik dan tercegah dari virus PMK. Kepada peternak, petugas juga menyampaikan imbauan agar peternak dapat memeriksakan kondisi ternaknya secara berkala.

“Peternak diminta segera melaporkan kepada penyuluh peternakan atau Dinas Perikanan dan Peternakan apabila mendapati ciri-ciri wabah PMK,” imbau Kasat Bimas Polres Batu Bara.(ebson/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: