31.7 C
Medan
Saturday, May 21, 2022
spot_img

Pemkab Toba Terus Tegakkan Hak Penyandang Disabilitas

Toba, MISTAR.ID

Pemkab Toba akan terus berupaya menegakkan hak-hak kaum disabilitas, melalui peningkatan SDM dengan berbagai pelatihan-pelatihan guna mendorong mereka terus berkarya.

Hal itu disampaikan Bupati Toba Poltak Sitorus dalam sambutannya pada acara peringatan Hari Disabilitas Internasional, bertempat di pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, Jumat (3/12/21).

Pemkab Toba mengapresiasi akan kelebihan yang dimiliki kaum disabilitas Toba. “Mereka patut kita hargai dan apresiasi, sebab di samping ketidaksempurnaan fisik yang dimiliki, mereka juga memiliki kelebihan untuk berkarya. Banyak karya kaum disabilitas yang sudah ditorehkan, mereka mampu menjahit, membuat aneka souvenir dan lainnya. Oleh karenanya kita sungguh mengapresiasinya,” kata Poltak Sitorus.

Baca Juga:Pemkab Toba Salurkan Sejumlah Stimulus Pemulihan Ekonomi Masyarakat

“Tetaplah semangat berkarya, optimis serta berserah kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebab Dia punya rancangan yang luar biasa di dalam kehidupan kita,” katanya lagi.

Pemkab Toba akan terus berupaya mendorong penyandang disabilitas Toba, salah satunya melalui pelatihan-pelatihan untuk menambah kemampuannya untuk terus berkelanjutan berkarya.

Saat ini, kaum disabilitas Toba 80 persen sudah dipesertakan menjadi peserta BPJS Kesehatan. “Tahun depan akan kita upayakan seluruhnya menjadi peserta,” tutur bupati.

Dalam acara tersebut, secara simbolis, Pemkab Toba menyerahkan bantuan mesin jahit dan bahan jahitan bagi kaum disabilitas. Turut hadir Wabup Toba Tonny M Simanjuntak, Sekda Audi Murphy Sitorus, sejumlah pejabat Pemkab Toba dan pimpinan OPD.

Baca Juga:Pemkab Toba Apresiasi Pencegahan HIV/AIDS

Rosita Hutapea selaku Sekretaris Eksekutif Yayasan Cahaya Bersama Rakyat (CBR) Kabupaten Toba yang menjadi mitra kerja Pemkab Toba, dalam melakukan pembinaan penyandang disabilitas, berterima kasih atas dukungan pemerintah selama ini.

“CBR terus melakukan pembinaan bagi kaum disabilitas, melalui program rumah produksi berbagai jenis kerajinan dan pusat pelatihan pendidikan dalam mewujudkan keseteraan ijazah pendidikan bagi mereka,” kata Rosita.

Ke depannya, CBR berharap perhatian yang maksimal dari Pemkab Toba dalam mendorong usaha-usaha kaum disabilitas untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.(james/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: