spot_img

Pemkab Deli Serdang Raih 6 Penghargaan dari Kemenkes

Deli Serdang, MISTAR.ID

Pemkab Deli Serdang meraih enam penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Penghargaan diberikan pada acara Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award di Discovery Hotel Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (23/11/22).

Berdasarkan informasi yang diterima mistar.id,Kamis (24/11/22), penghargaan tersebut diserahkan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI, Prof dr Dante Saksono Harbuwono SpPD-KEMD PhD didampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, Dr dr Maxi Rein Rondonowu DHSM MARS kepada Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar.

Pada kesempatan tersebut, Wabup HM.Ali Yusuf Siregar memberi apresiasi kepada semua pihak yang mendukung STBM di Kabupaten Deli Serdang.

Baca juga:Gawat! Mobil Dinas Kesehatan Deli Serdang Diselewengkan Oknum Pensiunan

“Ini bukti nyata Pemerintah Kabupaten Deli Serdang bersama stakeholder dan masyarakat berkolaborasi,mendukung program Kementerian Kesehatan,” kata Wabup Yusuf Siregar.

Yusuf Siregar berharap penghargaan tersebut bisa menjadi motivasi bagi semua pihak di Kabupaten Deli Serdang untuk terus mengupayakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Sebelumnya, Dirjen P2P Kemenkes RI, Dr dr Maxi Rein Rondonowu mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan Menteri Kesehatan.

“Menteri Kesehatan berupaya untuk mewujudkan perubahan perilaku masyarakat hidup sehat, yaitu dengan mengadakan penghargaan ini, di mana ada beberapa penghargaan yang diberikan kementerian di bidang kesehatan,” katanya.

Maxi menjelaskan, penghargaan tersebut merupakan wujud dari upaya pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat.

“Ini merupakan apresiasi komitmen dan implementasi aksi setiap provinsi kabupaten/kota institusi penyelenggara layanan tugas dan masyarakat agar terus menerus mewujudkan lingkungan yg sehat,” paparnya

Dikatakan Dirjen P2P, pihaknya menerjunkan tim khusus untuk melakukan penilaian terhadap pemerintah kabupaten/kota yang terbagi dalam sejumlah nominasi.

Baca juga:Pembangkit Listrik Tenaga Surya Diresmikan di Deli Serdang

“Ada beberapa nominasi dari penghargaan ini, di antaranya 38 kabupaten/kota dalam percepatan 100 % stop buang air besar sembarangan.Ini adalah program pilar utama, 14 kabupaten/kota terbaik stop buang air besar sembarangan, 27 kota dalam percepatan STBM yang berkelanjutan kemudian 15 kota terbaik dalam STBM berkelanjutan, sembilan kabupaten/kota terbaik dalam 5 Pilar STBM, satu kota pembina terbaik program pernyataan pangan, dan 14 rumah sakit yang menyelenggarakan kesehatan lingkungan kesehatan terbaik,” tandasnya.

Pemkab Deli Serdang sendiri masuk menjadi delapan terbaik penerapan 5 pilar STBM se-Indonesia.

Adapun penghargaan yang diterima, yaitu Penghargaan Kabupaten/Kota terbaik dalam upaya percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan (Open Defection Free) kategori pemenuhan kondisi yang mendukung (Enabling Environment) 2022, Kabupaten Open Defecation Free (ODF) 2022, Kabupaten Penerapan 5 Pilar STBM 2022, Penghargaan STBM bagi sanitarian terbaik atas nama Veronica M Sihombing (Petugas Kesling Puskesmas Namorambe), Kepala Desa Terbaik atas nama Adininta Barus (Kepala Desa Lau Rakit Kecamatan STM Hilir dan Natural Leader terbaik atas nama Matias Sembiring (Natural Leader Desa Talun Kenas, Kecamatan STM Hilir).

Pada penerimaan penghargaan itu, Wabup HM.Ali Yusuf Siregar didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr Ade Budi Krista beserta Tim Kesehatan Lingkungan (Kesling) Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang. (rinaldi/hm06)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: