Pemkab Deli Serdang Gelar Focus Grup Discussion Dalam Angka 2021

Sekdakab Deli Serdang,Darwin Zein foto bersama usai menyerahkan piagam usai membuka acara Focus Group Discussion di gedung P3UD Deli Serdang,Jalan Medan-Tanjung Morawa,Selasa (23/2/21).(f,rinaldi/mistar)

Deli Serdang, MISTAR.ID

Sekretaris Daerah (Sekda)  Kabupaten Deli Serdang Darwin Zein,  membuka acara Focus Grup Discussion (FGD) penyusunan publikasi Kabupaten Deli Serdang dalam angka 2021 di gedung Pusat Promosi Produk Unggulan Daerah ( P3UD) Deli Serdang,Jalan Medan-Tanjung Morawa,Selasa (23/2/21).

Pada kesempatan itu Darwin Zein mengatakan, FGD ini dilakukan untuk evaluasi guna mendapatkan data sektoral yang akurat dan berkualitas, serta penyelesaian penyusunan Publikasi Kabupaten Deli Serdang dalam angka 2021.

”Salah satu tahapan penting yang dilakukan hari ini adalah mengevaluasi data yang sudah ataupun yang belum masuk ke Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Deli Serdang. Serta melihat kembali kewajaran data yang akan dipandu oleh BPS ,” kata Darwin Zein.

Baca Juga: Bupati Ashari Tambunan Buka MTQ ke-54 Deli Serdang

Dijelaskan Darwin Zein, Kabupaten Deli Serdang dalam angka merupakan publikasi tahunan yang diterbitkan oleh BPS Kabupaten Deli Serdang dimana data-data yang terkandung di dalamnya berasal dari BPS, OPD, instansi vertikal, lembaga keuangan, maupun instansi/organisasi lain. Publikasi ini telah menjadi buku wajib yang diterbitkan di setiap kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

Kata dia,buku Deli Serdang dalam angka 2021 akan dirilis pada tanggal 26 Februari 2021.Buku ini,tambahnya, biasanya terbit pada tanggal 16 Agustus.Tetapi dari tahun 2020, buku ini diterbitkan pada bulan April.

“Di tahun ini, buku tersebut akan terbit lebih awal, yaitu di bulan Februari ini. Jadwal terbit itu seluruhnya sama di kabupaten/kota lain,”paparnya.

Baca Juga: Bupati Deli Serdang Launching Layanan Terpadu Pekerja Migran

Menurutnya,percepatan penerbitan buku Deli Serdang dalam angka dikarenakan kebutuhan data dari pihak instansi pemerintah daerah ataupun pusat.Serta instansi non pemerintah dalam perencanaan kegiatan di awal tahun.

“Ini merupakan tantangan kita sebagai sumber data agar dapat menyajikan data-data tidak hanya akurat,tetapi juga lebih cepat. Semoga tantangan ini dapat kita penuhi saat ini dan masa mendatang,”harapnya.

Kepala BPS Deli Serdang,Sawaluddin mengatakan, kegiatan FGD penyusunan publikasi Kabupaten Deli Serdang dalam angka 2021 merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan BPS Kabupaten Deli Serdang dalam rangka untuk menghasilkan data yang akurat dan berkualitas,untuk menyediakan informasi bagi pemerintah, akademis, dan pihak swasta.

Menurut Sawaluddin,dengan adanya data yang akurat, pemda dapat menentukan arah dan kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan.Selain itu juga dapat sebagai indikantor untuk menilai sejauh mana suatu pembangunan yang sudah dilaksanakan.

Diakhir acara juga diserahkan piagam kepada Satpol PP, P2KB danBappeda.(rinaldi/hm13)