26.7 C
Medan
Wednesday, September 28, 2022
spot_img

Pemilihan Calon Anggota KPID Sumut Masuk Tahap Fit and Proper Test

Medan, MISTAR.ID

Pemilihan calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumatera Utara saat ini akan menuju tahap fit and proper test. Tahapan ini akan dilakukan pada tanggal 20-21 Januari.

Hal ini disebutkan oleh Anggota Komisi A DPRD Sumut dari Fraksi PDIP, Franky Partogi Wijaya Sirait melalui telepon selulernya kepada Mistar, Jumat (14/1/22) malam.

Dia menjelaskan dalam tahapan ini pihaknya akan lebih fokus pada visi dan misi pada setiap calon anggota KPID.

Baca Juga:Siaran Televisi Kualitas Rendah Namun Banyak Penonton Masih Jadi PR KIP

“Kita stressing (menekankan) pada visi dan misi 21 calon anggota KPID,” terangnya.

Menurut Franky Partogi, kinerja KPID yang sebelumnya cukup baik, namun perlu ada peningkatan. Apalagi sekarang ini KPID lebih fokus terhadap pengawasan program-program siaran karena mengenai perizinan kewenangan KPI/KPID sudah sangat berkurang dan saat ini sudah diurus oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

“Jadi KPI/KPID bisa lebih fokus terhadap mengawasi program siaran utamanya terkait dengan konten lokal. Memang konten lokal di televisi sekarang ini sudah ada. Namun hendaknya dapat ditingkatkan/diperbanyak lagi. KPID lah yang harusnya mendorong agar konten lokal semakin banyak disiarkan,” ungkapnya.

Baca Juga:Ketua KPID Sumut Parulian Tampubolon Meninggal Terkonfirmasi Positif Covid-19

Anggota DPRD Sumut Komisi A lainnya, Meryl Rouli Saragih juga menuturkan hal yang tak jauh berbeda. Komisi A akan fokus pada visi misi calon komisioner dalam fit and proper test nantinya yang lebih berkompeten.

“Kami meminta calon komisioner ini kelak akan menjalankan tugasnya sebagai pengawas. Tidak hanya mengurusi regulasi. Apalagi kita akan memasuki tahun politik maka harus fokus pada penyiaran mengenai pemberitaan di televisi,” pungkasnya.

Diketahui, 21 nama calon anggota KPID Sumut yang telah diumumkan oleh timsel telah melakukan uji publik selama 10 hari. Selanjutnya akan dilanjutkan fit and proper test, dan Komisi A DPRD Sumut akan memilih tujuh nama untuk dilantik menjadi anggota KPID Sumut periode 2021-2024. (anita/hm14)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

NU Sarankan Legislatif dan Eksekutif Duduk Bersama Bahas P-APBD Dairi

Dairi, MISTAR.ID Ketua Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Dairi Tuppak Padang angkat bicara terkait belum dibahasnya Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun Anggaran 2022 Kabupaten...

PU Simalungun Dapat Penambahan Anggaran 43,2 M

Simalungun, MISTAR.ID Komisi II DPRD Simalungun, menyampaikan sejumlah laporan saran dan rekomendasi ke Badan Anggaran dalam pembahasan P-APBD TA 2022 Kabupaten Simalungun. Dalam rekomendasi yang dibacanakan...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: