30.6 C
Medan
Friday, January 28, 2022
spot_img

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Terpilih Belum Dijadwalkan

Medan, MISTAR.ID

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah belum merespon usulan surat keputusan sekaligus jadwal pelantikan dari Pemprov Sumut terhadap pemenang Pilkada Labuhanbatu 2020, yakni Erik Atrada Ritonga–Ellya Rosa Siregar (ERA).

Padahal di minggu kedua Agustus lalu, Pemprovsu melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, telah mengirimkan usulan dimaksud. Selain usulan SK untuk pasangan ERA, juga terhadap Wakil Wali Kota Binjai, Rizky Yunanda Sitepu.

Kepala Bagian Otda pada Biro Pemerintahan dan Otda Setdaprovsu, Ahmad Rasyid Ritonga menjawab wartawan, Minggu (5/9/21) mengatakan, pihaknya masih berupaya mencari alternatif agar usulan tersebut segera direspon Dirjen Otda Kemendagri, meski sejatinya bahwa hal itu adalah kewenangan pemerintah pusat. Bahwa pelantikan tersebut dinilai penting agar percepatan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu bisa segera dilakukan.

Baca Juga: Kemendagri Gelar Rapat Pelantikan Wakil Wali Kota Siantar Hasil Pilkada 2020

“Ini mau kami cari upaya selanjutnya. Hal yang sama juga untuk wakil wali Kota Binjai,” kata Rasyid.

Anggota DPRD Sumut Daerah Pemilihan Labuhanbatu Raya, Zeira Salim Ritonga meminta agar Pemprov Sumut sebagai perpanjangan tangan Kemendagri, bisa melakukan komunikasi lagi ke Dirjen Otda supaya pelantikan bupati dan wakil bupati Labuhanbatu terpilih hasil Pilkada serentak 2020, segera dijadwalkan.

Apalagi, mengingat tiga kali pemilihan di Labuhanbatu, di antaranya dua kali digelar pemungutan suara ulang (PSU).

“Itu artinya jangan lagi berlama-lama waktu pelantikan kepala daerah terpilihnya, karena di masa pemilihan sudah berlangsung dalam waktu yang panjang pula,” katanya.

Baca Juga: Mengurai Benang Kusut Hasil Pilkada Siantar 2020, Pakar:Persoalan Ini Bukan Polemik Hukum

Atas kondisi itu, politisi PKB minta Mendagri Tito Karnavian dapat mempercepat pelantikan melalui turunnya SK untuk pasangan ERA.

“Lebih cepat akan lebih baik sehingga kepala daerah terpilih juga bisa langsung tancap gas merealisasikan program kerjanya saat kampanye lalu kepada masyarakat Labuhanbatu,” pungkasnya.

Pemprov Sumut sendiri sebelumnya berencana menjadwalkan secara serentak pelantikan pasangan ERA dan Wakil Wali Kota Binjai, Rizky Yunanda Sitepu. Makanya oleh Pemprovsu, pengusulan SK pelantikan mereka ke Kemendagri turut dilakukan bersamaan pada Senin, 9 Agustus 2021.(iskandar/hm02)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: