26.7 C
Medan
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Parsoburan Barat, Anak Sekolah Butuh Transportasi

Tobasa | MISTAR.ID – Mencerdaskan bangsa merupakan salah satu tujuan oIndonesia yang termaktub dalam dasar negara yakni Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Hak memperoleh pendidikan salah satunya.

Namun sampai saat ini pemerintah belum dapat mengakomodirnya secara maksimal. Hal ini menjadi salah satu pemicu kecemburuan sosial.

Pada era Presiden Jokowi, diluncurkan program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Namun peran serta pihak swasta juga dibutuhkan untuk mendorong sektor pendidikan ini.

Hal seperti inilah dibutuhkan anak-anak sekolah Desa Parsoburan Barat Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Saat Mistar berkunjung, sejumlah warga mengeluhkan ketiadaan transportasi anak sekolah.

“Kendala anak-anak sekolah disini adalah transportasi bang,”ujar seorang ibu separuh baya bermarga Sianipar. Menurutnya kalau pemerintah dan swasta dapat bersinergi menyediakan transportasi, warga bersedia membayar ongkos sewajarnya.

Umumnya warga desa ini bekerja PT TPL sebagai Buruh Harian Lepas (BHL). “Kasihan anak anak harus jalan kaki jauh ke sekolah,”ucap Pardosi. Sementara para orangtua yang memiliki sepedamotor juga tidak sempat mengantar atau menjemput karena harus bekerja.

Pardosi yang memiliki anak SD dan SMP ini berharap pemerintah peka dengan keluhan mereka. Untuk diketahui, jarak pemukiman warga ke sekolah SD dan SMP sejauh lima kilometer dengan kondisi jalan tanah berbatu dimana setiap musim hujan beresiko bagi pengguna jalan . (james/hm05)

Penulis : James
Editor : Edrin

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Kadishub ke Wartawan di Sidang Paripurna HUT ke-75 Dairi: Apa Foto-foto,...

Dairi, MISTAR.ID Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Dairi Parulian Sihombing berlagak seperti preman dan terkesan arogan kepada wartawan mistar.id bernama Julius Manurung. Seperti yang terjadi saat...

127 Tewas di Kanjuruhan, Pemerhati Sepak Bola: PSSI Harus Didik Suporter...

Medan, MISTAR.ID Pemerhati sepak bola Sumatera Utara (Sumut) Indra Efendi Rangkuti menilai tewasnya 127 orang dalam pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya, di Stadion Kanjuruhan,...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: