30 C
Medan
Saturday, August 13, 2022
spot_img

Panen Raya Padi, Bupati Simalungun Akui Persoalan Pupuk Belum Teratasi

Simalungun, MISTAR.ID

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melakukan panen raya padi sawah di Sipangan Bolon, Kelurahan Huta Bayu Raja, Kecamatan Huta Bayu Raja, Simalungun.

Dalam panen raya itu, Bupati Radiapoh menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun telah mengetahui apa yang menjadi persoalan dan masalah yang dihadapi oleh para kelompok tani dan petani di Simalungun.

Diakui Radiapoh, bahwa dari keterangan yang diberikan oleh petani, Simalungun masih berkutat di permasalahan kekurangan kuota pupuk.

Baca Juga:Bupati Deli Serdang Panen Raya di Desa Suka Mandi Hulu

“Sudah saya dengar dari para kelompok tani dan petani kita. Persoalan pupuk, bukan hanya di Simalungun saja, tapi ini merupakan persoalan nasional, dan di berbagai daerah lain juga menjadi hal yang sama,” katanya saat panen raya di Huta Bayu Raja, Jumat (1/7/22).

Bupati menyampaikan, Pemkab Simalungun telah melakukan berbagai upaya melalui kementerian terkait, bahkan sampai ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi untuk mendapatkan izin pengunaan dana desa dalam pembelian pupuk.

Setelah mengungkapkan persoalan pupuk, Radiapoh kembali menjanjikan akan melakukan perbaikan di dua jaringan air yang ada di Desa Sipangan Bolon.

Baca Juga:Untuk Ketiga Kali Bhayangkari Cabang  Batu Bara Panen Raya Jagung

“Semua ini tidak bisa pemerintah sendiri, harus ada campur tangan dan bantuan masyarakat Kecamatan Huta Bayu Raja ini, tentunya melalui pajak yang dibayarkan,” tandasnya.

Menyinggung peralatan pertanian yang sangat dibutuhkan kelompok tani di Kecamatan Huta Bayu Raja, Bupati Simalungun memerintahkan Camat Huta Bayu Raja untuk menyiapkan e-Proposal ke Dinas Tanaman Pangan Sumut agar mendapat bantuan peralatan pertanian seperti traktor tangan dan rotary.

Sebelumnya diberitakan bahwa Pemkab Simalungun mengalami penurunan kuota pupuk susbsidi sebesar 50 persen dari tahun sebelumnya. (roland/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: