25 C
Medan
Tuesday, November 30, 2021
spot_img

Pakpak Bharat dan Nisel Masuk Zona Hijau Penyebaran Covid-19

Medan, MISTAR.ID

Dua kabupaten di Provinsi Sumatera Utara masuk kawasan zona hijau atau tidak ada kasus penyebaran Covid-19, sementara dua Kabupaten lainnya kembali ke kawasan zona kuning (risiko rendah).

Hasil ini berdasarkan update data di website Satgas Penanganan Covid-19 Pusat https://covid19.go.id/peta-risiko, yang dikutip pada Jumat (26/11/21).

Adapun dua kabupaten yang kembali ke zona kuning itu adalah, Kabupaten Nias dan Mandailing Natal. Sedangkan dua kabupaten yakni Pakpak Bharat dan Nias Selatan (Nisel) pekan ini turut bergabung bersama Kabupaten Nias Barat, Sibolga dan Nias Utara sebagai lima daerah berstatus zona hijau di Provinsi Sumut.

Baca Juga:5 Daerah di Sumut Zona Hijau Penyebaran Covid-19

Seperti diketahui, penetapan status zonasi risiko daerah tersebut, dihitung berdasarkan sejumlah indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan melalui epidemiologi. Masing-masing adalah penurunan jumlah kasus positif, suspek dan sebagainya sesuai update tanggal 21 November 2021.

Sementara itu, berdasarkan data milik Pemprov Sumut tanggal 24 November 2021, di Kabupaten Pakpak Bharat masih ada tiga kasus aktif dan di Nias Selatan minus tujuh kasus aktif, lantaran kasus sembuhnya lebih tinggi dari kasus kumulatifnya. Lalu untuk Kabupaten Mandailing Natal terdapat satu kasus aktif dan Nias minus satu kasus aktif karena jumlah kasus sembuhnya juga lebih tinggi dari kasus kumulatif.

Sementara itu, Provinsi Sumut kembali kedatangan 177.880 dosis vaksin CoronaVac di Terminal Cargo Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (25/11/21). Dalam pengawalan yang dilakukan, sebanyak 1 SSR personil Brimob di bawah pimpinan Kanit II Subden Bantis Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut Iptu Sandro Situngkir, diturunkan.

Baca Juga:Pertama di Sumut, Nias Barat Zona Hijau Penyebaran Covid-19

Kabag Ops Sat Brimob Polda Sumut Kompol Heriyono mengatakan, setibanya di bandara, vaksin tersebut nantinya akan disalurkan ke daerah-daerah di wilayah Sumut. “Vaksin yang tiba hari ini adalah vaksin dengan jenis CoronaVac dan langsung dikawal Brimob mulai dari Terminal Cargo Bandara KNIA menuju gudang farmasi Dinas Kesehatan Sumatera Utara di Jalan HM Yamin Medan,” katanya.

Heriyono menjelaskan, selama proses berlangsungnya pengawalan berjalan aman dan lancar. Turut hadir dalam pengamanan vaksin tersebut antara lain dari personil Koramil 23/BRG, personil Polsek Kawasan Bandara Kualanamu dan Polresta Deli Serdang.

“Dalam pengawalan vaksin hari ini menurunkan 1 regu personil Brimob Polda Sumut. Vaksin kita serah terimakan kepada pihak Dinas Kesehatan yang diterima langsung Damhuri selaku staf pengurus gudang farmasi Dinas Kesehatan Sumatera Utara,” kata dia. (saut/hm14)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: