26 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

MK Tolak Gugatan Pilkada Tapsel, Dolly-Rasyid Sah Terpilih

Medan, MISTAR.ID

Majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan atas hasil Pilkada di Tapanuli Selatan (Tapsel) yang diajukan pasangan M Yusuf Siregar-Roby Agusman Harahap, dalam sidang sidang putusan yang dibacakan, Rabu (17/2/21) kemarin. Dengan begitu, pasangan Dolly Putra Parlindungan Pasaribu dan Rasyid Assaf Dongoran sah menjadi pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tapsel terpilih hasil Pilkada 2020.

“Tidak dapat diterima (permohonan sengketanya),” kata Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin yang mengikuti sidang putusan ini saat dihubungi, pada Kamis (18/2/21).

Dalam rekapitulasi perolehan hasil pemilihan oleh KPU Tapsel, Pasangan Dolly Putra Parlindungan Pasaribu-Rasyid Assaf Dongoran memenangi Pilkada dengan perolehan 94.717 suara atau 59,40 persen. Sementara pasangan Mhd Yusuf Siregar Roby Agusman Harahap meraih 64.742 suara atau 40,60 persen.

Hasil ini kemudian digugat oleh Yusuf-Robby. Mereka melaporkan dugaan mobilisasi massa dari luar Tapsel, politik uang, serta juga dugaan mobilisasi ASN.

“Kami memohon agar MK membatalkan Keputusan KPU Kabupaten Tapanuli Selatan Nomor 914/PL.02.6-Kpt/1203/KPU-Kab/XII/2020 tertanggal 15 Desember 2020 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan Tahun 2020,” kata Ranto Sibarani, kuasa hukum pasangan ini dalam persidangan, Kamis (28/2/21).

Baca juga: Paman Bobby Nasution Mundur dari Pilkada Tapsel, ini Penyebabnya

Dia juga meminta agar MK memerintahkan kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapanuli Selatan untuk melakukan pemungutan suara ulang di seluruh TPS yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan yang disupervisi oleh KPU Provinsi Sumatera Utara dan Bawaslu Provinsi Sumatera Utara. Namun setelah melewati dua persidangan akhirnya ditolak MK.

Bupati Tapsel terpilih Dolly Putra Parlindungan Pasaribu adalah kemenakan Bupati Tapsel 2010-2021 Syahrul Pasaribu. Dolly adalah putra dari Panusunan Pasaribu, mantan Bupati Tapanuli Tengah yang juga Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sumatera Utara (USU). Sementara Wakil Bupati terpilih Rasyid adalah seorang politisi Golkar. Pasangan ini diusung oleh Gerindra, Golkar, PPP, PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.

Lawan yang dikalahkan pasangan ini, adalah pasangan yang diusung Hanura dan Nasdem. Calon Bupati Yusuf Siregar adalah seorang pengusaha. Semula dua partai ini mengusung pasangan Dolly Sinomba Siregar-Mhd Yusuf Siregar. Namun, jelang pendaftaran, Dolly yang merupakan paman Bobby Nasution, menantu Jokowi, mundur dari pencalonan.

Yusuf kemudian maju menjadi calon Bupati dengan menggandeng Roby Agusman Harahap sebagi calon wakilnya. Roby adalah anggota DPRD Sumut dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Roby juga dikenal sebagai anak mantan Wali Kota Medan Rahudman Harahap. (iskandar/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: