Lanal TBA Turun Tangan, Pukul Mundur Massa dan Menangkap Provokator Aksi Brutal

Massa pendemo menyerang markas lanal Tanjungbalai-Asahan skenario uji trampil pengendalian kerusuhan oleh Pasukan Huru Hara (f: saufi /mistar)

Tanjungbalai, MISTAR.ID

Dalam simulasi, sekelompok massa pendemo dari nelayan menggelar aksi brutal.Terlihat keramaian para nelayan dan beberapa masyarakat dari kejauhan di depan gerbang Lanal, tepatnya di Mako Lanal Tanjungbalai-Asahan menyampaikan beberapa tuntutan.

Menghadapi situasi tersebut, Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P)  Robinson Hendrik Etwiory, memerintahkan untuk  siapkan pasukan anti huru hara guna menghadang serta mengendalikan situasi tersebut. Namun massa pendemo semakin brutal dan melaksanakan bakar ban.

Mako Lanal Tanjungbalai Asahan mendapatkan ancaman dari beberapa orang pendemo dengan membawa senjata tajam. Kejadian yang di sponsori oleh negara Musang ini berhasil mempengaruhi nelayan Asahan untuk demonstrasi rusuh di depan Lanal Tanjungbalai-Asahan.

Baca Juga: Jaga Keselamatan di Laut, Danlanal TBA Bagikan Life Jacket Kepada Nelayan

Salah satu provokator terus berorasi, berteriak dan membakar emosi massa pendemo yang bertujuan meminta temannya yang ditahan dibebaskan dari tahanan Mako Lanal Tanjungbalai Asahan.

Komandan Lanal TBA seketika itu memerintahkan agar memukul mundur massa pendemo, menangkap provokator dan memadamkan kobaran api.

Massa pendemo pun kocar kacir melarikan diri dan seorang provokator berhasil ditangkap dan diserahkan pihak Kepolisian setempat untuk proses hukum.

Baca Juga: Asah Kemampuan, Lanal TBA Latihan Menembak

“Adapun kegiatan materi penanggulan huru hara tersebut menjadi skenario pada latihan uji terampil glagaspur TNI Angkatan Laut, yang dilaksanakan oleh Tim Komando Latihan Koarmada I, yang dipimpin oleh ketua Tim Uji Letkol Laut (P) Suhartaya,” ucap Danlanal Letkol Laut (P)Robinson Hendrik Etwiory menyampaikan.

Menurutnya,dalam uji terampil ada beberapa materi yang wajib di latihkan oleh Prajurit Lanal Tanjungbalai-Asahan, salah satunya adalah pengendalian kerusuhan oleh Pasukan Huru Hara (PHH) Lanal TBA.

“Aspek tersebut adalah salah satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh Lanal Tanjungbalai-Asahan. Saya lihat Prajurit Lanal Tanjungbalai-Asahan (TBA) sangat menguasai bidang ini,”kata Danlanal. (Saufi/hm13)