27.9 C
Medan
Tuesday, January 25, 2022
spot_img

Kualitas Bak Air Bersih Desa Simempar Senilai Rp240 Juta Dipersoalkan

Deli Serdang, MISTAR.ID

Kualitas bangunan bak penampungan air bersih di Desa Simempar, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deli Serdang yang berada di perbukitan desa tersebut dipertanyakan masyarakat sekitar. Masalah ini muncul lantaran bak penampungan tersebut sempat pecah beberapa waktu lalu dan kini sudah diperbaiki.

Pecahnya bak berbiaya Rp240.186.000 tersebut disebut-sebut karena diduga dikerjakan asal jadi. Bangunan dua unit bak gandeng seluas 5 x 2 meter yang berada di perbukitan dekat kawasan rumah warga itu keseluruhannya hanya terbuat dari batu bata tidak menggunakan cor beton. Pengerjaannya sempat terbengkalai usai pecahnya bak tersebut.

Dalam buku laporan realisasi Dana Desa TA 2019 juga disebutkan pemeliharaan sambungan air bersih di desa itu menghabiskan dana sebesar Rp20 juta. “Macam mana tidak ambruk. Air yang berasal dari sumber mata air disalurkan ke dalam bak yang berada di atas bukit.

Baca Juga:Dikritik, Dana Pembangunan Balai Pertemuan Desa Simempar Rp114 Juta

Setelah itu air disalurkan ke rumah warga. Seharusnya bangunan bak itu dicor semen keseluruhannya. Ini hanya terbuat dari pasangan batu bata keliling. Ya pecah lah, mana tahan menampung beban berat air diketinggian,” terang sejumlah warga desa, Minggu (8/8/21).

Masih menurut warga, perbaikan sempat terbengkalai. “Bak penampungan air itu besar memang. Tapi hanya terbuat dari pasangan batu bata keliling dan biayanya mencapai Rp240 juta lebih,” sebut warga begitu melihat buku laporan realisasi Dana Desa Simempar TA 2019.

Warga kemudian merasa curiga melihat angka atau biaya yang dikeluarkan untuk membangun bak penampungan air di desa mereka. Sebab setiap rapat tahunan penetapan P-ABDes mereka tidak diikutsertakan dan hanya dihadiri oleh 12 warga yang itu-itu saja termasuk kades dan Ketua PKK. Hal ini terungkap dari buku perubahan P-ABDes Simempar TA 2019-2020.

Baca Juga:Biaya Makan Tambahan Posyandu Desa Simempar Deli Serdang Capai Rp257 Juta, Ini Kata Kades

Ketika masalah ini dipertanyakan ke Kades Simempar Wari Tarigan, ia tidak menjelaskan secara detail tentang proyek dana desa tersebut. “Jangan cari kesalahan. Tolong kita saling menghargai,” ucapnya melalui messenger ketika dikonfirmasi wartawan. (sembiring/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: