30 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Ketua DPRD Taput Ingatkan Hati-Hati Gunakan Dana Desa

Taput | MISTAR.ID -Ketua DPRD Taput Ir. Poltak Pakpahan minta para kepala desa berhati-hati dalam menggunakan Dana Desa. Sebab pengawasan penggunaan dana ini melibatkan banyak pihak.

“Kita tahu, saat ini ketatnya pengawasan penggunaan Dana Desa bahkan Presiden Jokowi pernah mengeluarkan statement ingin membawa KPK turun memantau Dana Desa,” katanya kepada wartawan, Jumat (1/11/19).

Untuk itu, politisi PDIP tersebut minta kades berhati-hati jangan sampai terjerat hukum.

“Saya tidak ingin kades terjerat hukum. Jangan sampai ini terjadi, karena mereka juga bahagian dari masyarakat Tapanuli Utara,” harapnya.

Untuk itu, anggota DPRD tiga periode asal Pangaribuan tersebut meminta Kades dalam penyusunan rencana pembangunan melibatkan masyarakat. Poltak juga berharap pers dan media dalam melakukan tugas fungsinya tetap menjunjung tinggi etika profesinya.

” Silahkan melakukan tugas fungsinya, namun terkadang Pers dan LSM juga harus bisa menunjukkan profesionalnya dan objektif dalam melakukan peliputan bukan subjektif,” pintanya.

Poltak mengatakan hal tersebut melihat latar belakang kepala desa dari berbagai disiplin ilmu.

“Tidak semua menguasai teknik bangunan ataupun arsitektur, terkadang harus kita pahami juga. Bila diganggu terus mereka akan terganggu kinerjanya yang bisa saja kualitas pekerjaannya jadi kurang,” katanya.

Selain itu bila memang ada kekurangan, Poltak menyebutkan ada institusi yang secara amanat undang-undang dipercayakan melakukan pemeriksaan.

” Semua sudah ada tupoksinya masing-masing bahkan hingga pengawasan. Intinya bagaimana Dana Desa tersebut bisa jadi instrumen mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Fernando
Editor : Edrin

Related Articles

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

3 Anak Divonis 1,5 Tahun Penjara Kasus Ganja, Kasi Intel: Didampingi...

Pematang Siantar, MISTAR.ID Tiga anak lelaki yang ditangkap terkait kasus kepemilikan 1,36 kilogram ganja di Kota Pematang Siantar, dijatuhi vonis 1 tahun 6 bulan penjara...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: