26.7 C
Medan
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Kementerian Pertanian Kembangkan Bawang Merah di Tapanuli Selatan

Tapsel | Mistar
Kementerian Pertanian RI menjalankan program pengembangan bawang merah di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, pada tahun anggaran 2019 dengan melibatkan berbagai kelompok tani di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian Tapanuli Selatan Bismark Muaratua di Sipirok, Senin (14/10/19), mengatakan, pengembangan tahap awal bawang merah program dari Kementerian Pertanian tersebut untuk 10 kelompok tani.

Dengan rincian tiga kelompok tani di wilayah Kecamatan Angkola Muara Tais, dua di Kecamatan Angkola Timur, empat di Kecamatan Sipirok, dan satu kelompok di Kecamatan Arse.

“Setiap kelompok mendapat bantuan dengan stimulan. Pemerintah memberikan pupuk organik 1,5 ton per kelompok tambah 350 kilogram benih bawang merah berlabel biru,” katanya.

Didampingi Sekretaris Dinas Pertanian Tapanuli Selatan Derianto Harahap dan Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Tapanuli Selatan Anuar Aidin Harahap, selanjutnya Bismark menyatakan, tujuan pengembangan budidaya bawang merah ini dalam rangka peningkatan pendapatan petani.

“Disamping selaras dengan upaya Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan dalam rangka mendorong petani mandiri benih, dan sejalan visi misi Pemkab Tapanuli Selatan mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, dan sejahtera,” katanya.

Menurut Bismark, tujuan lain dikembangkannya budidaya bawang merah yang sektor utama dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara guna menekan angka inflasi

“Kita berharap melalui sarana produksi berupa pupuk dan benih yang diberikan pemerintah ini dapat menghasilkan produksi yang cukup optimal yang pada akhirnya mampu meningkatkan ekonomi petani,” ucapnya.

Sumber: Antara
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Kadishub ke Wartawan di Sidang Paripurna HUT ke-75 Dairi: Apa Foto-foto,...

Dairi, MISTAR.ID Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Dairi Parulian Sihombing berlagak seperti preman dan terkesan arogan kepada wartawan mistar.id bernama Julius Manurung. Seperti yang terjadi saat...

Fraksi PDI Perjuangan Tak Hadiri Pengesahan P-APBD Samosir 2022, Ini Alasannya

Samosir, MISTAR.ID Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Samosir tidak menghadiri rapat paripurna dalam rangka persetujuan bersama pengesahan P-APBD tahun 2022. Ketua Fraksi PDI Perjuangan Pardon Lumbanraja,...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: