8.2 C
New York
Thursday, March 28, 2024

Kemenlu Jaring Produk Lokal Samosir dan Sosialisasikan INA-ACCESS Untuk Promosi

Samosir, MISTAR.ID

Sekretaris Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI Ourina Ritonga melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Samosir untuk menjaring produk lokal Samosir yang akan dipasarkan dalam Forum Bisnis INA-LAC 2022, Rabu (18/5/22).

Selain itu, kunker tersebut juga untuk menyosialisasikan pemanfaatan platform INA-ACCESS dalam promosi hasil pertanian dan pariwisata serta peluang investasi kepada pelaku usaha (investor) di negara Amerika dan Eropa.

Kehadiran Sekretaris Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kemenlu disambut oleh Plh Sekdakab Samosir Waston Simbolon bersama pimpinan OPD di ruang lobi lantai II kantor Bupati Samosir.

Baca Juga:Sebanyak 4,6 Juta Warga Indonesia Bekerja Secara Ilegal di Luar Negeri

Waston Simbolon menyampaikan Pemkab Samosir optimis dalam pengembangan sektor pertanian dan pariwisata. Ia menjelaskan dalam pengembangan pertanian dan pariwisata Samosir membutuhkan dukungan pemerintah pusat dengan kebijakan pengalokasian anggaran.

“Melalui kunker ini diharapkan Kemenlu melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa dapat mempromosikan produk Samosir, potensi pariwisata, terlebih mendatangkan investor ke Kabupaten Samosir, serta promosi dalam INA-LAC 2022. Juga membantu Samosir dalam INA-ACCESS,” harapnya.

Lebih lanjut Waston mengatakan ada beberapa peluang investasi yang layak dipromosikan. Di antaranya pengembangan kawasan pertanian dan peternakan seperti kentang, bawang merah dan sawi, peternakan kerbau, sapi dan kambing serta potensi pariwisata, camping ground dan cable car di area Pusuk Buhit.

Baca Juga:Bupati Samosir Ikuti Pembahasan Via Zoom dengan Dirjen Cipta Karya, Terkait Penataan Kawasan Tomok

Sementara itu, Ourina Ritonga menyampaikan Kemenlu berperan dalam perluasan akses dan memfasilitasi perluasan ekspor ke luar negeri.

“Ada sebanyak 83 negara mitra kerja di Amerika latin dan Karabia, dengan kerja sama ini produk lokal daerah, pariwisata dan investasi dapat diperkenalkan dalam pertemuan bisnis INA-LAC 2022,” katanya.

Selain itu, kata Ourina, penggunaan platform digital INA-ACCESS sangat cocok digunakan Pemkab Samosir dalam berbagai hal promosi termasuk menawarkan investasi platform ini secara umum diakses oleh negara-negara luar.

Sementara itu, Wakil Direktur Direktorat Amerika, Tommi Butar Butar menambahkan, melalui INA-LAC 2022 promosi wilayah Samosir dan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sangat tepat dimana promosi produk lokal dan gambaran peluang investasi dapat diperkenalkan dalam pertemuan bisnis tersebut. (josner/hm14)

Related Articles

Latest Articles