23.9 C
Medan
Monday, August 8, 2022
spot_img

Kantor Arsip USU Jadi Tuan Rumah Kegiatan PAPTI

Medan, MISTAR.ID

Kantor Arsip Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi tuan rumah atau host dalam kegiatan Temu Wawasan Kearsiapan bersama Perkumpulan Arsip Perguruan Tinggi
Indonesia (PAPTI), yang diselenggarakan melalui zoom meeting, Selasa (25/1/22). Dalam sambutannya, Rektor USU Dr Muryanto Amin mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk melakukan sosialisasi penyelenggaraan kearsipan yang baik dan benar.

“Informasi tentang best practice kearsipan sangat penting, agar sejarah terhadap diri dan institusi tidak terlupakan,” ujarnya. Dia mengatakan, disrupsi (tercabut dari akarnya, red) telah terjadi di segala bidang kehidupan. Pertama, disrupsi telah mengubah pola kehidupan. Kedua, perlu penyesuaian agar tidak menjadi institusi yang konsumtif dari perkembangan disrupsi. Untuk menyikapi disrupsi yang terjadi, salah satu yang perlu dilakukan adalah melihat tata kelola kearsipan digital.

“Kita harus mengubah cara hidup kita termasuk ativitas sehari-hari, disrupsi menghasilkan banyak hal positif bagi kita, arsip digital ini sekarang menjadi sangat penting dan bukan lagi hal yang baru,” katanya. Muryanto menambahkan, pembicaraan arsip digital bagi
perkantoran dan institusi telah memberikan solusi, terutama persoalan mengenai pergudangan dan periodesasi kapan suatu arsip harus dimusnahkan.

Baca juga: Pemko dan DPRD Medan Setujui Ranperda Kearsipan

“Kemajuan teknologi informasi menjadi solusi, lalu disrupsi mempercepat terjadinya proses arsip digital,” jelasnya. Dengan demikian, menurut Muryanto, perlu dilakukan
identifikasi mengenai persoalan-persoalan yang akan diatasi dalam temu wawasan ini. Selain itu, perlu juga dilakukan sharing resources, terutama di keanggotaan PAPTI, sehingga dapat mengecilkan pembiayaan.

Kemudian, cara menikmati kebutuhan arsip juga penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat, terutama bagi warga perguruan tinggi agar dapat mengetahui apa pentingnya arsip. “Semoga dengan adanya keanggotaan PAPTI, bisa memperkuat basis kearsipan di perguruan tinggi,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PAPTI Prof Nandang Alamsah Deliarnoor mengatakan, temu wawasan merupakan konsep berbagi yang diselenggarakan oleh
PAPTI. “Kegiatan Temu Wawasan PAPTI menjadi agenda rutin yang dilaksanakan sejak awal 2021,” ungkapnya.

Nandang menyebutkan, bahwa USU merupakan salah satu penggagas terbentuknya PAPTI bersama 11 perguruan tinggi lainnya. Selain itu, USU juga telah menorehkan sejarah di PAPTI dengan berhasil pertama kali menjadi penyelenggara Internasional Conference 2018 di Sumatera Utara.

Baca juga: DPRD-Pemko Medan Tetapkan 25 Ranperda Akan Dibahas Tahun 2022

Prof Nandang turut mengapresiasi keterlibatan USU dalam kegiatan PAPTI. Ia berharap, pembelajaran dari best practice USU dapat diambil oleh pengelola kearsipan yang lain. “Terima kasih dan pengharagaan yang tinggi atas dedikasi dan kerja sama USU, juga seluruh perguruan tinggi yang terlibat dalam keanggotaan PAPTI,” katanya.

Kepala Kantor Arsip USU Aisyah mengatakan, bahwa Layanan Kantor Arsip USU merupakan salah satu penunjang dalam struktur organisasi di USU yang bertugas mengelola, merawat dan melestarikan dokumen yang bernilai historis bagi USU.

“Layanan Kantor Arsip USU ditujukan untuk memudahkan pengguna dalam menemukan informasi yang bernilai bagi civitas akademika USU maupun masyarakat umum,” jelasnya.  Aisyah berharap, melalui kegiatan ini pengelola arsip di Indonesia dapat berbagi ilmu, pengalaman dan wawasan, sehingga dapat menciptakan insight baru yang akan diterapkan di instansi masing-masing. (ial/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: