23.3 C
Medan
Saturday, November 27, 2021
spot_img

Kades Surati Pemkab Dairi Terkait Penutupan Jalan Menuju Pembangunan Perumahan PT DPM

Sidikalang, MISTAR.ID

Kepala Desa Polling Anak Anak Marles Tambunan akhirnya menyurati Camat Silima Pungga-pungga Pemkab Dairi terkait penutupan sementara jalan ke lokasi pekerjaan pembangunan perumahan PT Dairi Prima Mineral (DPM) di Dusun Hutaginjang.

Marles Tambunan kepada wartawan, Selasa (5/10/21) membenarkan surat tersebut. Surat tersebut diberikan kepada Camat Silima Pungga-pungga tertanggal 2 Oktober 2021 lalu.

“Apabila tuntutan tersebut tidak segera diselesaikan, maka warga Desa Polling akan menutup jalan dan tidak memperbolehkan perusahaan melakukan kegiatan pekerjaan di sana. Dan warga tidak akan anarkis,” kata Kades sembari mengatakan, surat tersebut disampaikan ke Pemkab Dairi melalui Camat Silima Pungga-pungga dengan nomor surat 140/262/2021 perihal laporan kegiatan penutupan sementara.

Baca Juga:Warga Kembali Tutup Jalan ke Lokasi Pembangunan Perumahan PT DPM di Dairi

Berikut poin tuntutan warga atas alasan penutupan jalan dan pemberhentian sementara kegiatan pekerjaan pembangunan perumahan PT DPM, yakni Pertama, perusahaan dituntut segera menyelesaikan permasalahan dan tanggung jawab atas musibah yang dialami Tulus Siagian, yang kini mengalami cacat fisik karena dua jari tangan kirinya putus saat melakukan pekerjaan di perusahaan pembangunan perumahan PT DPM.

Kedua, keresahan warga terhadap tembok penahan/ bronjong setinggi 8 meter teramcam roboh yang berbatasan dengan lahan dan permukiman warga. Ketiga, tidak adanya dan tidak jadinya pembuatan saluran pembuangan limbah dari lokasi perumahan PT DPM yang berdampak mencemari lingkungan permukiman warga, yang sebelumnya sudah dijanjikan pihak perusahaan.

“Untuk itu, warga Desa Polling Anak-anak meminta Pemkab Dairi agar menegur pihak perusahaan dengan melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) selaku instansi terkait tehnik bangunan dan tata ruang, Dinas Lingkungan Hidup selaku penanganan dampak lingkungan,” sebutnya.

Baca Juga:Pemkab Dairi Anggarkan Dana Pilkades Serentak Rp4,2 M

Warga Desa Polling Anak Anak juga meminta Pemkab Dairi segera campur tangan guna menyelesaikan permasalahan di tengah-tengah masyarakat secara komunikatif dengan pihak perusahaan.

Sementara, Camat Silima Pungga-pungga Horas Pardede, Selasa (5/10/21) melalui selulernya menyebutkan, Pemkab Dairi langsung menidaklanjuti permasalahan masyarakat. Rencananya, Rabu (6/10/21), pihaknya akan membahas masalah ini dengan instansi terkait seperti Dinas PUTR, Sosial, Tenaga Kerja dan Lingkungan Hidup serta menghadirkan pihak perusahaan. “Karena permasalahan itu sangat kompleks. Jadi harus melibatkan para teknik dan ahlinya,” sebut Horas Pardede.

Sebelumnya warga Desa Polling Anak-anak melakukan penutupan jalan menuju lokasi pekerjaan pembangunan perumahan PT DPM. Mereka membentangkan spanduk bertuliskan “Kami warga Desa Polling Anak-Anak menutup sementara jalan akses menuju pekerjaan pembangunan perumahan PT Dairi Prima Mineral di Desa Polling Anak-anak dengan permintaan, menyelesaikan permasalahan kecelakaan kerja pada warga. Memperbaiki tembok penahan/bronjong. Kami Tidak Anarkis”. (manru/hm12)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: