Jaringan Server Terganggu, Pendaftaran PPDB SMA Diperpanjang Di Toba

Ketua Panitia PPDB SMAN 1 Balige Kabupaten Toba Retjon Napitupulu.(f: james/mistar)

Toba, MISTAR.ID

Akibat adanya gangguan jaringan server pada aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA di Kabupaten Toba yang seyongyanya akan berakhir pada 9 Juni 2021, akhirnya diperpanjang hingga Jumat 11 Juni 2021.

Awalnya, tahapan untuk mengakses pendaftaran secara online melalui situs ppdb.disdik.sumutprov.go.id dengan menggunakan NISN/NIK dengan memilih sekolah yang dituju dalam zona atau luar zona, yang selanjutnya mengunggah bukti dokumen yang diminta sesuai jalur PPDB yang dipilih, kemudian mengunggah bukti pendaftaran seyogyanya sejak 7 hingga 9 Juni 2021, namun akibat gangguan jaringan akhirnya diperpanjang hingga 11 Juni 2021.

Hal itu dibenarkan Retjon Napitupulu selaku Ketua Panitia PPDB SMAN 1 saat dikonfirmasi Harian Mistar Kamis (10/6/21).

Baca Juga: Kantor Cabdis Sumut Siantar-Simalungun Sepi Meski PPDB 2021 Online Diperpanjang

Retjon juga menambahkan perubahan tahapan lainnya juga terjadi pada verifikasi dan vakidasi data, yang awalnya dijadwal pada 10 hingga 12 Juni 2021, selanjutnya menjadi 14 Juni 2021, semoga proses ini berlangsung lancar tanpa ada gangguan lainnya pada pendaftaran gelombang I pada jalur pendaftaran afirmasi, jalur perpindahan orangtua dan jalur prestasi, terang Retjon.

Selanjutnya pada 13 hingga 16 Juni 2021 merupakan tahapan pendaftaran dan seleksi jalur zonasi, lalu 17 hingga 19 Juni 2021 akan dilakukan verifikasi dan validasi data, sementara tahapan akhir yakni pengumuman hasil seleksi jalur zonasi, akan diumumkan pada 20 Juni 2021 dan selanjutnya pendaftaran ulang pada 5 hingga 9 Juli 2021, terang Retjon Napitupulu.

Masih Retjon, untuk jalur afirmasi yakni peserta didik keluarga ekonomi tidak mampu akan ditampung sebesar 17 persen (55 orang), sedangkan peserta didik penyandang disabilitas sebesar 3 persen (10 orang).

Baca Juga: Masa PPDB Diperpanjang Hingga 11 Juni Pukul 00.00 WIB

Pada jalur prestasi, jumlah peserta didik yang akan ditampung pada dengan prestasi nilai akademik sebesar 20 persen (65 orang), peserta prestasi hasil lomba akademik sebesar 2 persen (6 orang) dan peserta prestasi hasil non akademik sebesar 3 persen (10 orang).

Jalur perpindahan orangtua/wali yang pindah tugas persentasinya sebesar 2 persen (6 orang), anak guru/tenaga kependidikan sebesar 2 persen (7 orang) serta anak tenaga kesehatan yang menangani Covid-19 sebesar 1 persen (3 orang), sehingga total jumlah calon peserta didik baru pada jalur ini sebanyak 162 orang.

Baca Juga:

Lain halnya pada jalur zonasi yang akan dibuka setelah pengumuman hasil seleksi jalur afirmasi, perpindahan orang tua dan jalur prestasi,  jumlah siswa pada jalur ini sebanyak 50 orang dengan persentasi sebesar 50 persen, dengan jumlah totalnya sebanyak 162 orang.

Sehingga total daya tampung Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah SMAN 1 Balige Kabupaten Toba sebanyak 324 orang, dengan rincian 162 orang pada pendaftaran tahap I yakni pada jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan orangtua/wali ditambah 162 orang pada pendaftaran tahap II pada jalur zonasi, pungkas Retjon Napitupulu.(James/hm13)