26.7 C
Medan
Wednesday, September 28, 2022
spot_img

Hujan Deras Melanda Kabupaten Batubara, Rumah Ambruk dan Terendam Banjir

Batu Bara | MISTAR.ID – Hujan deras yang disertai angin kencang menerjang wilayah Kabupaten Batu Bara, mengakibatkan satu rumah ambruk dan terendam banjir satu meter orang dewasa, Kamis (24/10/19).

Rumah warga yang ambruk dihantam angin kencang adalah milik Rusli (42) warga Dusun V Desa Petatal Kecamatan Datuk Tanah Datar Kabupaten Batu Bara.

Informasi dihimpun wartawan, ambruknya rumah tersebut terjadi sekira pukul 00.20 Wib, diduga karena tiupan angin dan kondisi kayu penopang atap bangunan tersebut sudah lapuk sehingga rubuh. Beruntung, tak ada korban jiwa, Jumat (25/10/19).

Selain merobohkan satu rumah, hujan deras mengakibatkan sebagian lingkungan rumah warga daerah rendah digenangi air dengan ketinggian 1 meter. Keadaan ini diperparah luapan air sungai dari Kabupaten Asahan dan Kabupaten Simalungun. Genangan air juga masuk kedalam rumah masyarakat dan sebagian akses jalan desa.

“Saya dan keluarga sempat panik air tiba-tiba masuk ke dalam rumah. Barang yang ada didalam pun banyak tidak bisa diselamatkan,” kata Dewan (37) warga setempat.

Sementara, di pinggiran Jalan Lintas Sumatera, sejumlah wanita terlihat sibuk menguras air dari dalam kios dan warung.
Kades Petatal Heri Tandomato yang berada dilokasi mengatakan, genangan air yang masuk ke rumah warga akibat curah hujan sejak hari Kamis malam (24/10).

“Kita coba bantu warga dan berkoordinasi dengan instansi terkait Pemkab Batu Bara,” kata Kades.

Ka BPBD Kabupaten Batu Bara Anuardi, S.Pd. M. Si melalui seluler mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan dan assesment jumlah rumah yang tertimpa musibah dan pemberian logistik untuk kebutuhan konsumsi.

“Korban nihil, namun debet air yang masuk ke rumah warga setinggi 1 meter sehingga warga setempat berupaya mengamankan barang barang rumah tangganya”, kata Anuardi.

Reporter: ebson
Edigtor: Manson Purba

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

NU Sarankan Legislatif dan Eksekutif Duduk Bersama Bahas P-APBD Dairi

Dairi, MISTAR.ID Ketua Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Dairi Tuppak Padang angkat bicara terkait belum dibahasnya Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun Anggaran 2022 Kabupaten...

UMI Siap Bantu Pemko Medan Wujudkan Medan Zero Stunting

Medan, MISTAR.ID Penanganan stunting yang terus gencar dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution mendapat dukungan penuh dari Universitas Methodist Indonesia (UMI) Kota Medan. Pengurus Yayasan Methodist...

PU Simalungun Dapat Penambahan Anggaran 43,2 M

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: