30.6 C
Medan
Friday, August 19, 2022
spot_img

Gempa Bumi Tektonik Guncang Wilayah Mane Pidie dan Sekitarnya

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mendeteksi gempa bumi tektonik di wilayah Mane Kabupaten Pidie, Jumat (1/7/22).

Gempa yang tercatat terjadi pukul 08.54.58 WIB itu berkekuatan Magnitudo 3,1. Adapun episenter terletak pada koordinat 4.88 LU dan 96.04 B, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 29 Km Barat Daya Kabupaten Pidie Jaya Aceh pada kedalaman 5 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar Aceh Central yang berada di daerah tersebut,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Darmawan melalui keterangan resminya yang diterima Mistar.

Baca Juga:BMKG Prakirakan Sebagian Besar Daerah Indonesia Berawan Hari Ini

Darmawan menyebutkan, guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Mane Pidie berkekuatan II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” katanya.

Darmawan memastikan hingga pukul 10.37 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Namun, Darmawan mengimbau masyarakat agar tetap tenang dari tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi dan jangan percaya isu liar,” katanya. (ial/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: