31.7 C
Medan
Monday, July 4, 2022
spot_img

Distankan Vaksinasi Rabies Anjing Gratis di Samosir  

Samosir, MISTAR.ID

Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (Distankan) Kabupaten Samosir melakukan Vaksinasi Rabies terhadap ternak Anjing secara gratis di Desa Rianiate Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. Provinsi Sumatera Utara, Senin (3/5/21).

Kepada wartawan, Petugas Distankan Kabupaten Parningotan Sitohang dan Tiorin Silalahi yang sedang melakukan penyuntikan terhadap anjing warga Desa Rianiate mengatakan bahwa, kegiatan penyuntikan itu akan dilakukan diseluruh Kabupaten Samosir, yang dimulai dari Senin (3/5/21) hingga Juni 2021 mendatang.

Kata Tiorin Silalahi, Ia bersama Mantri Hewan akan melakukan penyuntikan di 6 Desa, yaitu: Desa Rianiate, Desa Parmonangan, Desa Hutanamora, Kelurahan Pintusona, dan desa Pardomuan Satu Pangururan Samosir.

Baca Juga: Bupati Samosir dan Anggota DPR RI Martin Manurung, Salurkan Bantuan untuk 19 Kelompok Tani

Kepada warga, Tiorin menganjurkan agar mau memberikan anjing peliharaannya untuk disuntik, demi pencegahan penyakit Rabies di Kabupaten Samosir. Penyuntikan tersebut aman dan tidak akan menyebabkan kematian seperti di isukan oleh masyarakat.

“Vaksin ini aman dan tidak akan menyebabkan kematian ternak anjing setelah disuntik. Demi pencegahan Virus Rabies terhadap ternak, kami harap warga mau bekerja sama agar ternaknya mau disuntik,’” kata Tiorin.

Untuk memberikan kepuasan terhadap warga yang anjingnya disuntik, Tiorin menunjukkan Jenis Vaksin kepada warga. Dan memang benar, bahwa Vaksin tersebut bermerek Vaksin Rabies dan tanggal kadaluarsa nya Desember 2023.

Baca Juga: Pemkab Samosir, Terima Penghargaan SAKIP Award 2020 Predikat BB

Kepala Distankan Kabupaten Samosir, Viktor Sitinjak membenarkan bahwa anggotanya sedang melaksanakan Vaksinasi Rabies di setiap Kecamatan.

“Kegiatan tersebut demi keamanan masyarakat, dari anjing peliharaan. Maka perlu di Vaksin untuk menghindari Rabies ,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawa.

Terkait dengan kegiatan Vaksinasi tersebut, warga Huta Sigalingging, Desa Rianiate Mak Septiansah Br. Sitanggang, menyambut baik Vaksinasi dari petugas Distankan Kabupaten Samosir.

Baca Juga: 28 Pejabat Fungsional Pemkab Samosir Dilantik 

Kata Ibu Septiansah, dengan sudah divaksin anjing peliharaan nya. Dia tidak kepikiran terus akan bahaya nya. Semisal, jika anjing menggigit orang, karena sudah di Vaksin Rabies.

“Anjing saya sudah sering di Vaksin, dan tidak pernah mengalami kematian setelah disuntik. Dan saya juga tidak kepikiran mana kala anjing menggit orang, karena sudah aman dari Virus Rabies,” ungkapnya.

Kaur Pemerintahan Desa Rianiate yang ikut mendampingi petugas mengatakan, kami sangat mendukung program ini  dan sesuai dengan program pemerintah untuk memberantas Rabies.

“Kami berharap bagi warga dan masyarakat Samosir untuk mau memberikan ternaknya untuk disuntik Vaksin Rabies”.

“Dan kami juga mengapresiasi Distankan yang datang memberikan pelayanan penyuntikan secara gratis,” tutupnya. ( Sawangin/hm13)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: