26.7 C
Medan
Thursday, September 29, 2022
spot_img

Di Atas Perbukitan Muara, Satika Simamora Bersama Mahasiswa IAKN Tanam Pohon Berbuah.

Mistar, MISTAR.ID

Mahasiswa Institut Agama Kiristen Negeri (IAKN) Tarutung pada Program Studi (Prodi) Teologi, Fakultas Ilmu Teologi, melakukan penanaman pohon berbuah berupa durian dan alpukat. Mereka melakukannya bersama Ketua TP PKK Taput Satika Simamora, Sabtu (18/9/21), di lokasi Wisata Desa Aritonang, Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara.

Di atas perbukitan, yang masih satu lokasi dengan Tugu Aritonang dan sekarang sudah mulai dilirik menjadi salah satu destinasi, Satika Simamora bersama Ketua Prodi Fakultas Teologi, Iwan Tarigan MTh, Sekretaris Prodi Megawati Manullang MTh dan puluhan mahasiswa terlebih dahulu melakukan kebaktian.

Ikut juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Taput Heber Tambunan, Kabag Keprotokolan Sasma Situmorang, Camat Muara Mitsu Gultom, Kepala Desa Aritonang Erpin Aritonang dan tokoh masyarakat Benget Ompusunggu.

Satika Simamora menyambut baik aksi mahasiswa IAKN. Sebelum melakukan penanaman, dirinya melontarkan sejumlah narasi tentang perlunya menjaga lingkungan dan perubahan cara dan kreasi, terutama penduduk Muara dalam menyambut geliat pariwisata mulai jalur Bandara Silangit- Kota Muara.

“Ingat, 100 pohon saja kita tanam hari ini, jika dirawat dan tumbuh dengan baik, saya pikir sangat luar biasa mendukung kehidupan kita. Jadi bukan sekedar menanam, tetapi bagaimana merawatnya dengan baik, maka sangat perlu memberikan perhatian terhadap pohon yang ditanam,” tandasnya.

Di atas perbukitan itu, Satika Simamora juga berbicara banyak tentang gerak dan arti hidup, serta memotivasi mahasiswa, pemerintah kecamatan/desa serta warga masyarakat setempat.

Baca juga: Bupati Taput Tabur Benih Ikan dan Tanam Pohon Berbuah Di Desa Parbaju Tonga

Terkait langkah Pemkab Taput dalam menggerakkan pembangunan di tengah keterpurukan dan kondisi pandemi saat ini, Satika mengemukakan, orang yang melakukan hal yang baik di zona aman itu biasa, tetapi orang yang berbuat baik di zona keterpurukan (pandemi), itu luar biasa.

“Nah Pemkab Taput yang dinahkodai Bupati Taput Nikson Nababan saya pikir masuk di zona di mana sedikit anggaran tetapi dihargai. Itu sangat berbeda dengan anggaran besar tetapi tidak dihargai,”kata Satika.

Lantas dengan mengutip nats Alkitab, Satika mengungkapkan, Tuhan mengamanatkan kepada umat manusia, agar memberikan sesuatu itu kepada yang membutuhkan.

Kaprodi Teologi IAKN Iwan Tarigan,MTh mengatakan, dalam Alkitab ada mandat spritual dan kultural. Dalam kultural, Tuhan selaku pencipta mengamanatkan kepada manusia ; “Kuasailah ciptaanku dan segala isinya dan rawat juga tempat tinggalmu menjadi tempat yang baik, bukan untuk dirusak atau dieksploitasi”.

Menurut Iwan, salah satu implementasi dari mandat itu, hari ini mereka menanam pohon di pinggir Danau Toba ini, melibatkan mahasiswa IAKN untuk berpartisipasi. Taput dan Muara khususnya bukan sekedar memiliki alam yang indah, tetapi harus ditopang dengan karakter dan tutur kata yang indah.

“Biarlah orang mengagumi Tapanuli Utara bukan hanya keindahan alamnya saja, tetapi karakter, cara dan sikap manusia penghuninya salah satunya ikut merawat alam dan lingkungan dan menjadi sebuah kewajiban, karena itu adalah amanat Tuhan,”sambungnya.

Kepala Desa Aritonang menjelaskan, lokasi Wisata Desa Aritonang, yang direkomendasikan akan menjadi salah satu titik destinasi di Muara, yang wilayahnya berada di perbukitan dan pinggir pantai sebahagian besar masih sangat perlu dihijaukan dan membutuhkan bibit pohon berbuah.

Baca juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PFI Medan Tanam Pohon dan Bersihkan Danau di Taman Cadika

“Masih banyak yang tandus, jadi sangat perlu ditambah bibit pohon berbuah. Lokasi perbukitan ini sendiri seluas 30 hektar, jadi kita bekerjasama dengan yayasan Toga Aritonang untuk melestarikan perbukitan ini dan kawasan sekitarnya,”terangnya.

Pada aksi tanam pohon ini, selain beryanyi, Satika juga menyempatkan waktunya bercengkrama bersama mahasiswa IAKN. Sejumlah mahasiswa juga mengajak istri Bupati Taput Nikson Nababan itu untuk berswa foto.

Di penghujung acara, Satika bersama ketua Prodi Telogi Iwan Tarigan melakukan penanaman pohon diatas perbukitan, yang berdekatan Danau Toba itu dan diikuti sejumlah pejabat, akademisi IAKN dan mahasiswa.(janpieter/hm06).

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Jelang Ajang F1 H2O, Warga Minta Tanah Lapang Sisingamangaraja Tidak Dialih...

Toba, MISTAR.ID Sejak Kabupaten Toba menjadi kandidat tuan rumah penyelenggaraan Formula 1 Boat Race (F1 H2O) yang direncanakan digelar pada Februari 2023 mendatang, pemkab terus...
Pilpanag Simalungun Digelar 15 Maret 2023

Pilpanag Simalungun Digelar 15 Maret 2023

Tertarik mendaftar KIP Kuliah Beasiswa Kemendikbudristek, Simak Cara Daftar Berikut

Jakarta, MISTAR.ID KIP Kuliah adalah salah satu bantuan dana pendidikan yang dinaungi oleh Kemendikbudristek. Beasiswa ini ditujukan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi namun...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: