26.7 C
Medan
Monday, July 4, 2022
spot_img

Cegah Radikalisme, Pemuda Harus Merawat Perbedaan

Pematangsiantar, MISTAR.ID – Pemuda sebagai generasi penerus bangsa memiliki peranan penting untuk mengisi pembangunan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa, tidak bisa melupakan sejarah.

Perjuangan pemuda untuk mempersatukan bangsa Indonesia sangat besar, yaitu lewat Sumpah Pemuda, sebagai salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

“Jiwa-jiwa patriot pemuda masa itu harus kita gerakkan dengan semangat menjaga kesatuan dan persatuan bangsa ini. Di era digitalisasi ini, kita sebagai pemuda mempunyai tugas yang berat,” tutur Immanuel Lingga, anggota DPRD Kota Pematangsiantar.

“Di era digitalisasi ini, paham-paham radikalisme mulai merongrong kebersamaan dan keberagamaan kita. Sebaiknya sebagi pemuda, kita harus merawat perbedaan ini dengan keindahan. Kita sebagai pemuda jangan terjebak dan jangan terpengaruh dengan paham radikalisme,” ujar pemuda yang akrab disapa Noel ini lebih lanjut.

Mencegah perpecahan dan pengkotak-kotakan akibat maraknya paham radikalisme, politisi dari PDI Perjuangan ini menegaskan, pemuda harus selalu mengedepankan musyawarah dalam segala hal dengan semangat gotong royong.

“Sumpah pemuda bukan hanya sekedar teks sejarah kawan, angkat tangan kirimu dan kepalkan meskipun berlumuran darah, meski perih dan sakit namun tetap bangga mengatakan saya pemuda pemudi Indonesia,” tandas Ketua Taruna Merah Putih Kota Pematangsiantar tersebut.

Senada dengan Noel, Suhanto Pakpahan seorang pemuda juga anggota DPRD kota yang sama,.menyampaikan harapannya kepada pemuda.

Katanya, pemuda millenial bisa bahu-membahu untuk membangun lingkungan dan kota tempat tinggalnya.

“Contohnya, membuat kegiatan yang membangun rasa toleransi sehingga kota (Pematangsiantar) ini bisa kembali menjadi kota paling toleran nomor 1 di Indonesia. Salah satu kegiatan yang bisa membangun rasa toleransi adalah kegiatan seni dan olahraga,” tukas Politisi Hanura itu.(ferry/hm02)

Penulis : Ferry Napitupulu

Editor : Maris

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: