25 C
Medan
Friday, May 27, 2022
spot_img

BWS Sumut II Kucurkan Rp1 Miliar untuk Bersihkan Eceng Gondok di Tepi Danau Toba Balige

Toba, MISTAR.ID

Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumut II (BWS Sumut II) melalui Satker Operasi dan Pemeliharaan SDA Sumut II, menggelontorkan anggaran APBN tahun 2021 sebesar Rp1 miliar lebih untuk membersihkan eceng gondok seluas 6,5 hektar di pinggiran Danau Toba, Desa Lumban Pea, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba.

Amir Hamzah Siallagans sebagai Pelaksana Kegiatan Satker Operasi Pemeliharaan SDA, mengatakan, kegiatan itu untuk pembersihan bibir pantai Danau Toba dari tumbuhan semak eceng gondok maupun tumbuhan lain yang menutupi bibir pantai Danau Toba di Kawasan Terpadu Balige.

“Untuk perekrutan tenaga kerja, kami lakukan sosialisasi kepada pemerintah desa bersama masyarakat setempat, tujuannya untuk memberdayakan warga setempat. Hal ini sah-sah saja untuk membantu penghasilan warga di tengah pandemi Covid-19. Kita sudah mengakomodir beberapa warga yang akan bekerja dengan kami,” kata Amir Hamzah, kepada Harian MISTAR dan mistar.id, Rabu (16/6/21).

Baca Juga: Menyiasati Keberadaan KJA Danau Toba, Membangun Zona Wisata Keramba Tanpa Limbah, Mungkinkah?

Secara terpisah, Torang Tambunan selaku Kepala Desa Lumban Pea, mengapresiasi program BWS Sumut II.

Selain bibir pantai yang ditumbuhi semak-semak, para nelayan juga mengeluh karena terganggu saat turun menangkap ikan.

Mereka mengatakan, alat tangkap ikan terganggu karena tidak berfungsi maksimal karena gangguan rumput dan semak-semak di tepi danau.

Bagi warga yang berkeinginan ikut bekerja memberishkan bibir pantai, kat Torang Tambunan, sudah diakomodir melalui pemberdayaan padat karya tunai (PKT).(james/hm02)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: