30 C
Medan
Saturday, August 13, 2022
spot_img

Bupati Tapsel Harapkan Pasar Rakyat Mampu Tingkatkan Ekonomi Rakyat

Tapsel.Mistar Id

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt, MM, mengatakan kehadiran pasar rakyat yang mengusung konsep ramah lingkungan ini harus mampu menggerakkan dan meningkatkan ekonomi rakyat.

“Kita dorong, dengan adanya pasar rakyat ini bisa memberikan masyarakat manfaat dalam jangka pendek dan panjang, rasa aman juga nyaman dalam bertransaksi antara pedagang maupun pembeli,” ujar Bupati pada media, Minggu (3/7/22), dimana sebelumnya Bupati Tapsel Dolly Putra Parlindungan Pasaribu meresmikan Pasar Rakyat Sipagimbar, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), pada Jumat (24/6) lalu.

Bupati juga berharap ke para pengelola pasar agar benar-benar memperlihatkan aspek manfaat juga pemeliharaan agar mampu mengakomidasi berbagai kepentingan dan kebutuhan masyarakat secara lebih baik.

Baca juga:Belanja Gerebek Dahsyat dan Pentas Seni Digelar di Pasar Rakyat Sei Rampah

Bupati juga meminta ke pengelola pasar dapat berikan pelayanan terbaik bagi pengembangan Pasar Rakyat yang diciptakan selain berpotensi meningkatkan pertumbuhan masyarakat setempat juga menjadi bagian dalam upaya pemenuhan hak-hak masyarakat.

“Masyarakat dan seluruhnya pedagang serta pembeli harus ikut merawat serta menjaga Pasar Rakyat ini, sehingga kebersihan lingkungan pasar bisa terjaga dan pada akhirnya masyarakat yang bertransaksi nyaman dan senang,” katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM, Novita Sari Wahyuni, dalam laporannya menyampaikan bahwa Pasar Rakyat Sipagimbar didirikan berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan RI No. 98/2020 tanggal 20 Desember 2020.

“Melalui proses perencanaan bulan Mei 2021 dan proses reviu dengan Kementerian Perdagangan RI, yang mengangkat “Green Market” (Pasar Ramah Lingkungan),” sebutnya.

Salah satu Pasar Rakyat yang bernilai Rp3,6 miliar lebih itu merupakan tugas perbantuan APBN tahun anggaran 2021, dari Kementerian Perdagangan RI untuk revitalisasi Pasar Sipagimbar.

Bangunan Pasar Rakyat dengan tipe D yang didalamnya ada 10 unit kios, 90 unit los, 1 unit tempat ibadah, 1 unit laksasi room, 1 unit ruang tera ulang UTTP, 2 unit MCK, 1 unit rumah potong hewan, 1 unit tempat pengumpulan sampah dan 1 unit ruang pengelola pasar.

Baca juga:Pedagang Pekan Lelo Tetap Direlokasi ke Pasar Rakyat Sei Rampah

“Pasar rakyat ini dapat di fungsikan sesuai dengan petunjuk teknis yang berdasarkan surat Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI No. 110/PDN.1/05/2022 tanggal 31 Mei 2022,” ungkapnya.

Pihaknya akui, pembangunan ini masih banyak kejanggalan ataupun ketidaksempurnaan dari Pasar Rakyat Sipagimbar ini, seperti area pelataran dan saluran pembuangan air. Ini menjadi prioritas pembangunan di daerah Kabupaten Tapsel. (asrul/hm06).

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: