27 C
Medan
Monday, October 3, 2022
spot_img

Bupati Ingatkan ASN Deli Serdang Bayar Zakat

Deli Serdang, MISTAR.ID

Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan menegaskan zakat adalah kewajiban umat yang memiliki dimensi ibadah dan juga dimensi sosial. Karenanya, mengingatkan kepada para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Deli Serdang untuk melaksanakan kewajiban sesuai ajaran agama, salah satunya adalah zakat.

“Mari laksanakan kewajiban zakat secara kolektif melalui organisasi. Sehingga kegiatan ini jadi terorganisir hingga maksud diwajibkannya zakat bagi kita itu menjadi lebih mudah dicapai,” kata Ashari Tambunan pada penyaluran bantuan dana zakat dan infaq tahap III yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Deli Serdang Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Deli Serdang, Kecamatan Tanjung Morawa, Rabu (10/8/22).

Dijelaskan Ashari, Baznas Deli Serdang yang memiliki berbagai program bersama Pemkab dan organisasi perangkat daerah (OPD), seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, rumah sakit serta Dinas Pendidikan dengan harapan agar penyaluran zakat efektif dan memberi nilai tambah.

Baca juga: Rumah Zakat Sumut Tergetkan 50 Ribu Penerima Manfaat

Sebelumnya, Ketua Baznas Kabupaten Deli Serdang Zulkarnain Nasution mengatakan sebagai dimensi sosial, zakat dapat berfungsi mewujudkan solidaritas sosial, pengentasan kemiskinan, pembiayaan pendidikan, pertolongan terhadap orang-orang yang tidak berkecukupan (mustahiq) dan permasalahan sosial lainnya.

“Potensi ekonomi yang terkandung melalui zakat dapat digalang dan dikembangkan dan dikelola secara profesional, transparan, amanah,”papar Zulkarnain. Dijelaskan juga, dana zakat yang telah terkumpul sejak Januari sampai Juli 2022, sebesar Rp962.769.000.

Dari hasil dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang terkumpul, Baznas telah menyalurkan pada tahap I dan II sebesar Rp534.000.000 kepada fakir miskin di kecamatan se-Kabupaten Deli serdang, bantuan biaya perobatan sinergi dengan Dinas Sosial Deli Serdang dan juga bantuan untuk pembangunan rumah ibadah (mesjid/mushola) yang berasal dari dana infaq.

Baca juga: Bupati Batu Bara Apresiasi Penerima Zakat Pertanian Terus Bertambah

Selanjutnya, Baznas akan turun ke kecamatan-kecamatan menyerahkan bantuan kepada fakir miskin,bantuan bedah rumah sebanyak dua unit, bantuan kepada guru-guru mengaji, bantuan biaya pendidikan mulai tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTS), Madrasah Aliyah (MA), S1 sampai S3, bantuan pendidikan dan perobatan sinergi dengan Dinas Sosial Deli Serdang dan bantuan untuk pembangunan beberapa mesjid di Deli Serdang. (rinaldi/hm09)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Puluhan Mobil di Kompleks Mutiara Residence Deli Serdang Dirusak OTK

Medan, MISTAR.ID Sejumlah mobil yang terparkir di halaman dan garasi rumah warga di Kompleks Mutiara Residence Jalan Rumah Sakit Haji, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut...

Polres Tebing Tinggi Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra Toba 2022

Tebing Tinggi, MISTAR.ID Polres Tebing Tinggi bersama instansi terkait melaksanakan apel gelar pasukan operasi kepolisian mandiri kewilayahan dengan sandi Operasi Zebra Toba di lapangan apel...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: