27 C
Medan
Thursday, May 26, 2022
spot_img

BMKG: November Puncak Curah Hujan di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan menyebutkan, puncak curah hujan di Sumatera Utara (Sumut) akan terjadi pada November 2021.

Kepala BMKG wilayah I Medan Hartanto mengatakan, berdasarkan pengamatan mereka pada bulan Oktober-November di Sumut merupakan puncak curah hujan dengan intensitas sedang lebat.

“Untuk itu, kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrim, yang dapat menyebabkan genangan-genangan air, luapan air sungai, ataupun longsor di wilayah dataran tinggi,” ujarnya, Senin (1/11/21).

Baca Juga:BMKG Prediksi Sore Hingga Malam Hari Sumut akan Diguyur Hujan

Hartanto menjelaskan, cuaca ekstrim belakangan ini disebabkan oleh adanya daerah pusat tekanan rendah (LOW) di wilayah Samudera Hindia, Barat Laut dan Barat Daya Pulau Sumatera yang menyebabkan wilayah Sumatera bagian Utara termasuk Sumut terkena Convergence.

“Alhasil, terjadi penumpukan massa udara basah yang menyebabkan pertumbuhan awan konvektif cukup signifikan,” ungkapnya.

Sementara itu, BMKG wilayah I Medan memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera Utara pada sore dan malam hari, Senin (1/11/21). “Dini hari nanti cuaca akan kembali berawan,” katanya.

Hartanto menyebutkan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 23.0-32.0⁰C. Sementara kelembaban udara 65-99% dan angin yang bertiup dari Utara ke Tenggara berkekuatan 10-30 Km/Jam. “Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah Pegunungan, Lereng Timur, dan Pantai Barat Sumatera Utara,” pungkasnya. (ial/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: