26.7 C
Medan
Wednesday, October 20, 2021
spot_img

BIN Sumut Bagikan 12 Ribu Vaksin Dosis Tahap II di Dua Kabupaten

Sergai, MISTAR.ID

Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatera Utara sebagai salah satu instrumen dalam menjaga kedaulatan negara, turut andil dalam perang melawan penyebaran Covid 19, salah satunya dengan vaksinasi keliling yang langsung menyentuh kelompok masyarakat tertentu.

Misalnya, kelompok pelajar yang kini sangat membutuhkan vaksin demi keamanan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah. Dalam hal tersebut, BIN melaksanakan vaksinasi dosis ke dua untuk pelajar di dua kabupaten yaitu, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Sebanyak 12.000 vaksi yang dibagikan untuk dua kabupaten tersebut yaitu, sebanyak 6000 dosis untuk Deli Serdang, dan 6000 lagi untuk Serdang Bedagai, Kamis (14/10/21).

Hal ini dikatakan Kepala BIN Daerah Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi lanjutan dosis kedua di SMA Negeri 1 Sei Rampah.

Baca Juga:Tertibkan Pekan Lelo, Tokoh Masyarakat: Satpol PP Sergai Harus Tegas

“Kita melihat sendiri bagaimana semangat Bapak Presiden untuk pemberian vaksin ini. Beliau bahkan hadir langsung saat pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan BIN di SMK 1 Beringin, dan di pemukiman masyarakat pada 16 September lalu. Semangat beliau tersebut memacu kita semua untuk lebih keras lagi melawan Covid-19,” tuturnya.

Brigjen TNI Asep menjelaskan, di hari kunjungan Presiden ke wilayah Sumut waktu itu, BIN melaksanakan vaksinasi tahap pertama kepada pelajar dan masyarakat sebanyak 12 ribu dosis di 2 kabupaten yakni, Deli Serdang dan Serdang Bedagai.

“Hari ini, kita menuntaskan pemberian dosis tahap kedua untuk 12 ribu penerima awal tersebut. Kegiatan dipusatkan di sejumlah titik, antara lain di Kabupaten Deli Serdang dilaksanakan di SMA 1 Tanjung Morawa, SMA 2 Lubuk Pakam, dan di dua lokasi di wilayah Kecamatan Beringin. Sementara, di Kabupaten Sergai dilaksanakan di SMA 1 Sei Rampah dan SMA 1 Perbaungan,” jelasnya.

Baca Juga:Tepati Janji, Bupati Sergai Bantu Pembangunan Rumah Suluk Tarekat Naqsabandiyah

Kepada masyarakat dan pelajar yang sudah divaksin, Jenderal TNI Angkatan Darat ini meminta supaya tetap mematuhi protokol kesehatan, khususnya memakai masker.

“Kita semua berharap dapat segera pulih dari Pandemi ini dan aktivitas perekonomian dapat normal kembali. Ini bisa dicapai dengan syarat target 70 persen sudah divaksin lengkap dan masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan. Kita harus menang dalam perang melawan wabah kesehatan ini,” pungkasnya.

Sedangkan, Bupati Sergai H Darma Wijaya di sela-sela mendampingi Kepala BIN Daerah Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di SMA 1 Sei Rampah, mengucapkan terima kasih kepada Kepala BIN Sumut yang sudah membantu terselenggaranya vaksinasi tersebut.

Baca Juga:Bupati Sergai Resmikan ‘Gerebek Dahsyat’ Pulihkan Ekonomi Rakyat

“Terima kasih kepada Kepala BIN Daerah Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana yang telah membantu untuk mensukseskan vaksinasi di Kabupaten Serdang Bedagai. Bantuan tersebut adalah salah satu bentuk kerja sama antara Perkopinda dengan TNI, Polri dan BIN. Serdang bedagai hari ini sudah menyelesaikan 40% dari target vaksininasi. Insyaallah pada bulan Desember 2021, kami targetkan selesai 100% dari target vaksinasi,” ungkap bupati.

Dilansir dari website resmi Kementerian Kesehatan, per 13 Oktober 2021 pukul 18.00 WIB, warga Sumut yang telah lengkap menerima dosis 2 sebanyak 2.549.974 dari target 11.419.559 peserta, atau sekitar 22,33 persen.

Sementara, warga yang menerima vaksin dosis satu sebanyak 39,27 persen, masih jauh dari target nasional sebesar 70 persen. Sedangkan, informasi yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Sergai, vaksinasi tahap pertama di Serdang Bedagai sudah mencapai 40% dari jumlah target vaksinasi sebanyak 50.4071 orang.(boby/hm10)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,500FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: