26.7 C
Medan
Sunday, October 2, 2022
spot_img

Baru 5 Hotel yang Punya Izin di Taput

Tarutung | Mistar – Dari sekian banyak hotel yang berdiri di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), khususnya di Kota Tarutung dan Siborongborong, diperkirakan baru lima hotel yang memiliki izin dasar dan ijin prasarana.

Ijin dasar meliputi Nomor Induk Berusaha (NIB), ijin lokasi dan ijin Lingkungan. Sementara Ijin Prasarana mencakup Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan sertifikasi layak fungsi. Jika itu sudah dikantongi, maka pemilik hotel dapat mengurus ijin usaha untuk mendapatkan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) sebagai legalitas untuk operasional.

Demikian diungkapkan Kabid Pelayanan Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Taput, Reynold Lumbantobing, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, pekan lalu.

“Sampai saat ini hanya ada lima hotel di Taput yang sudah memiliki izin dasar dan ijin prasarana,”katanya.

Pada sejumlah hotel yang belum mempunyai ijin, pihaknya sudah menghimbau, menyarankan, bahkan menegur secara lisan dan tertulis agar segera mengurus izinnya. Bagi pengusaha yang membandel dan tetap tidak mau mengindahkan teguran akan diberikan sanksi administrasi dan penyegelan hotel.

Dari data diketahui baru Hotel Hineni, Hosea, Esther, Noah dan Aries yang sudah memiliki ijin prasarana terdiri dari IMB dan sertifikat layak fungsi.

“Maka, himbauan dan teguran sudah kita layangkan ke sejumlah hotel yang belum punya ijin. Jika tidak diindahkan, kita akan keluarkan rekomendasi penindakan,”tegasnya.

Reporter: Jasn Piter Simorangkir
Editor: Edrinsyah

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Kadishub ke Wartawan di Sidang Paripurna HUT ke-75 Dairi: Apa Foto-foto,...

Dairi, MISTAR.ID Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Dairi Parulian Sihombing berlagak seperti preman dan terkesan arogan kepada wartawan mistar.id bernama Julius Manurung. Seperti yang terjadi saat...

Fraksi PDI Perjuangan Tak Hadiri Pengesahan P-APBD Samosir 2022, Ini Alasannya

Samosir, MISTAR.ID Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Samosir tidak menghadiri rapat paripurna dalam rangka persetujuan bersama pengesahan P-APBD tahun 2022. Ketua Fraksi PDI Perjuangan Pardon Lumbanraja,...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: